Lalat, serangga kecil ini  bagi sebagian besar manusia dianggap makhluk yang hina, bahkan terlihat menjijikan.Kareana lalat adalah serangga yang jorok dan kotor, dari beberapa referensi, ketika lalat hinggal, ia meninggalkan sedikitnya 125 ribu kuman bibit penyakit yang bisa menyebabkan penyakit ringan hingga kronis, hal inilah yang sangat mengerikan dari seekor serangga kecil bernama Lalat.

Image

Foto di atas adalah foto seekor lalat yang dikenal dengan nama Bluebottle Fly atau Bottlebee dan yang oleh orang Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Laler Ijo. Lalat tersebut terlihat seperti sedang meniup permen karet, mirip kebiasaan seorang tokoh dalam komik masa lampau “Lupus”.

Namun ternyata lalat memang memiliki cara unik dalam memakan makanan yang ia hinggapi, yaitu dengan memuntahkan air liur nya untuk kembali menghisapnya untuk mendapatkan sari makanan yang telah tercampur dengan air liur tersebut, menjijikan sekaligus unik, prilaku yang diberikan oleh sang Pencipta.

Image

Foto di atas adalah foto lalat dari sisi depan, dengan menggunakan lensa Canon 100 mm F2.8 macro, diambil dengan jarak antara objek dan lensa sekitar 20 cm, dengan pencahayaan cukup maka detail mata lalat dapat terabadikan dengan baik.

Lalat memiliki mata majemuk yang dikenal juga dengan sebutan facet.Bola mata yang indah ini tersusun atas ratusan, ribuan bahkan jutaan elemen optik yang siap menangkap cahaya yang langsung diterjemahkan menjadi sebuah gambar oleh otak lalat, hal inilah yang menyebabkan lalat sangat jeli dalam melihat ancaman dari binatang lain atau bahkan manusia, karena hanya dalam sepersekian detik, setiap potensi ancaman yang mengintainya langsung terdeteksi. Dengan anugerah mata majemuk inilah, lalat menjadi makhluk yang super siaga, dan belum ada alat optik yang diciptakan manusia yang menggunakan teknologi multi optik seperti mata lalat ini.

IMG_0598

Meskipun lalat terlihat hina dan menjijikan, namun jika membahas detail dari bagian per bagian tubuh lalat, semakin nyata bahwa manusia tidak akan mampu menandingi kekuasaan yang maha kuasa, meski hanya mencipta seekor lalat saja. (dhy)

“Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah” (Al-Hajj : 73)

Air Liur & Mata Majemuk Lalat

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *