Sekitar satu pekan yang lalu di minggu ke empat bulan februari 2017 saya mendapatkan notifikasi untuk melakukan update wireless firmware BV6000, dan saya pun melakukan proses pembaruan, dengan menggunakan jaringan 4G ala-ala jaringan area Tambun, membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikan proses pembaruan hingga tahap installing.

Awalnya saya mengira ini hanya proses update firmware saja, namun setelah menyelesaikan proses pembaruan, ternyata BV6000 milik saya sudah beroperasi pada Android 7.0 Nougat. Wah ternyata pelayanan paska jual dari perusahaan ponsel China ini cukup Bagus. Di dalam forum diskusi resmiย website Blackviewย ternyata proses update sistem operasi BV6000 sudah dimulai pada bulan Desember 2016, proses update secara bertahap di awali dengan 3000 perangkat BV6000 di akhirnya tahun 2016 lalu, dan saya mendapat giliran di bulan ketiga.

Awalnya saya suka cita, punya ponsel dengan sistem operasi kekinian, namun berselang setengah jam saya senyam-senyum, mulailah muncul pop-up message yang bunyinya “Google Play Services has Stopped“. Tidak hanya itu, diikuti dengan pesan yang sama untuk beberapa aplikasi, pfiuhhhh.

Pesan-pesan di atas bisa diatasi dengan melakukan pembaruan via Google Play dan sebagian aplikasi bisa berjalan normal kembali, hanya tersisa beberapa aplikasi yang hingga saat ini masih beasalah. Mungkin karena beberapa aplikasi tersebut belum menyiapkan update untuk Android Nougat ini.

Satu masalah lagi yang timbul yang paling bikin panik beberapa saat, take seperti aplikasi sebelumnya, pop-up message yang timbul adalah “Launcher3 has stopped” dan ini sangat mengganggu karena meskipun pop-up message sudah di close, namun muncul lagi sampai ponsel BV6000 milik saya tak bisa dioperasikan semacam hang gitu.

Berkesimpulan yang bermasalah adalah Launcher-nya setelah sempat curiga masalah pada sistem operasi akhirnya saya memutuskan untuk mengganti launcher menjadi Google Now Launcher, yang merupakan launcher bawaan pads ponsel saya sebelumnya Nexus 5, karena Nexus 5 adalah ponsel resmi besutan Google.

Alhasil BV6000 saya bisa kembali beroperasi, namun dengan launcer-nya Google BV6000 terasa agak berat, tak selincar Launcher3 dan performanya tak seperti ketika berpasangan dengan Nexus 5.

Setelah diskusi dengan teman di kantor, sebut saja Ardi, akhirnya saya mencoba alternatif launcher lain, sesuai rekomendasi akhirnya mencoba Arrow Launcher yang merupakan hasil pengembangan perusahaan raksasa Microsoft.

Tadaaaa….. Akhirnya BV6000 saya bisa berfungsi kembali dengan normal, dengan sensitifitas dan kecepatan proses yang sama dengan Launcher3 meskipun Arrow Launcher sedikit lebih rumit, namun dengan feature full custom, saya sudah menemukan tampilan yang saya inginkan. (Dhy)

Android 7.0 di Blackview BV6000 Bermasalah

Post navigation


43 thoughts on “Android 7.0 di Blackview BV6000 Bermasalah

  1. Saya juga mengalami hal yang sama ketika upgrade wireless.
    Mohon pencerahan bagaimana mengubah launcher seperti tulisan diatas.
    Terima kasih

    1. Cara mengganti Launcher sama seperti melakukan install aplikasi lain via Google Play :

      browse aplikasi “Arrow Launcher” di Google Play –> Download/Install -> Launch/Open -> Pilih Always Open

      Semoga membantu

  2. Bv6000 sy bermasalah ni min.menu kamera di hp hilang & tdk bisa digunakan gmn cara’y.(mhn bantuan’y)
    Nohp sy 081274566657

    1. Mas Jaka, saya coba bantu ya, mudah-mudahan ada yang bisa jadi solusi

      Beberapa hari yang lalu saya juga pernah mengalami, saya menggunakan Arrow Launcher, ternyata icon kamera tergeser pada quick menu bagian bawah, coba swap ke bawah icon menu (titik enam di tengah quick menu) icon kemungkinan tersebut bersembunyi di sana.

      Ada juga beberapa cara untuk memastikan bahwa secara aplikasi kamera masih ada di BV6000 :
      – Cek melalui general menu
      – Cek melalui : Setting -> Apps -> cari aplikasi kamera jika masih ada berarti hanya icon nya saja yang hilang.

      Jika alternatif tersebut tidak berhasil, bisa di coba Re-Install Launcher, dan alternatif yang paling akhir adalah Restore Factory Setting namun jangan lupa melakukan backup data-data ke google account anda.

      Semoga bisa membantu

  3. maaf admin, mohon bantuannya,,,

    hp blackview bv6000 ane ada masalah pada speaker bawah ngrebek,
    terus speaker atas kadang suara yg kita denger dari penelepon teramat sangat kecil,
    terus yang ketiga permasalahn hp saya kalo ada telepon dari luar, pada tampilan layar utama, tidak ada sama sekali yang nlp, cuman bunyi panggilan terus berdering. setelah ane buka di log paggilan ada tiga fitur lain, saya pilih yang tengah baru tampil klo ada yang nlp dan dari siapa tlp itu datangnya,,,

    mohon bantuan admin,,,,, terimakasih sebelumnya,,,,

    1. sebelum saya coba bantu jawab, apakah dari awal beli sudah kondisi seperti ini ? atau terjadi seperti ini setelah ada beberapa aktifitas ?
      apakah aktifitas tersebut antara lain :
      – Upgrade OS ? saat ini Android berapa ?
      – Tes banting ?
      – Ganti Launcher ? saat ini menggunakan launcher apa ?

      1. Selamat pagi Suhuku, moga sehat selalu..
        Speaker Dr awal belum seminggu sesudah saya beli, speaker atas disusul speaker bawah jd ngerebek gt min, tu sama sekali belum ada aktifitas kexuali tlp, & chat2 gt. saya konfirm ke penjual, (kata si penjual “itu hp pernah ke banting y mas’, sy jwb “boro2 ke banting mas,ni hp sy elus2 z, kan masih baru jd masih sayang”), si penjual nyuruh sy ngirim barang tu ke dia. Tp sy khawatir dg data2 penting kerjaan sy di hp tu, kyk email2 penting termasuk pasawrd. Jd saya mutusin bwt ga ngirim hp ni.

        Test banting sama sekali ga pernah & em ga da niat buat di test macem2, ngebanting / jatoh ga sengaja jg ga pernah

        Upgrade os & launcher jg baru td malem sy upgrade setelah baca artikel admin pake arraw launcher,tp ampe skrg blm saya cek hasilna. Makasih admin…

        1. Pagi Mas Qdoy, wadduh jangan panggil Suhu kita sama sama pengguna aja koq ๐Ÿ™‚

          Untuk masalah tampilan saat ada telpon masuk masih mungkin bisa teratasi dgn ngoprek OS dan Launcher.

          Namun menurut saya untuk masalah speaker yg nge-brebek dari seminggu awal, menurut saya loh ya… Sepertinya ada masalah di komponen speaker nya, dan sepertinya tidak akan terselesaikan dgn ngoprek OS dan Launcher.

          Untuk pertanyaan seller, masalah dibanting, BV6000 punya sertifikat IP-68 jadi seharusnya memang aman untuk dibanting dari ketinggian tertentu.

          Saran saya, di kembalikan dan di klaim saja ke sellernya, untuk masalah keamanan password bisa di lakukan factory reset. Namun jangan lupa sebelumnya lakukan backup data foto dan lainnya ke SD-Card, Komputer atau Google Drive.

          Semoga segera ada solusi terbaik untuk BV6000 kesayangan ๐Ÿ™‚

          1. Hehe…
            Terimakasih banya atas info & sarannya.
            Terus klo boleh tau caranya gmana y min?
            Oh ya ada satu lagi penyakit yg lupa ane tanyain… Cara ngilangin getar tombolnya gmana y min? Makasih…

          2. Oke makasih admin… Semoga di apa yang admin lakukan menjadi manfaat buat semua. & semoga Allah mengabulkan semua niat2 admin & keluarga. Amiiin…

  4. Min yg saya bv6000 android 6.0
    Build version bln 8 klo gk salah

    Beli awal september 2016, nah d bln nov akhir awalnya hang2an, direset biasa lagi.
    Gitu berulang terus ๐Ÿ™

    Parahnya d awal januari 2017, system ui error, terpaksa factory reset ๐Ÿ™

    Tp ttp hang, crash, error ditambah BOOTLOOP ๐Ÿ™
    Hampir tiap minggu system ui error

    Saya nemu solusi untk upgrade build version, skrng jd bln 10 (BV6000_BlackView_V01_20161025)

    Tp masalah yg sama ttp timbul

    Bisa kasih masukan?

    Makasih ๐Ÿ™‚

    1. Halo Mas Alez, Terima Kasih sudah mampir ke JemariKeis.com Saya coba menjawab, mudah-mudahan bisa membantu.

      Saat awal saya beli BV6000 kondisi alhamdulillah semua lancar, sampai saya lakukan update ke Android 7.0 barulah BV6000 saya bermasalah persis seperti Mas Alez alami.

      Lalu saya coba mengganti Launcher dari Launcher 3 bawaan BV6000 saya ganti Google Now Launcher dan akhirnya saat ini pake Arrow Launcher.

      Sebelum saya mengganti Launcher saya sudah mencoba mencari update Launcher 3, namun sampai saat ini belum ketemu.

      Alhamdulillah saat ini Re-Boot dan Crash tidak pernah terjadi, namun system UI Error masih kadang terjadi meskipun tidak sampai menyebabkan Crash seperti saat menggunakan Launcher 3.

      Saat ini saya menggunakan build number : BV6000_Blackview_V01_20161216

      Semoga bisa membantu Mas Alez

      Salam

  5. Sya punya bv5000,stlh update android malah ga bs bagi hotspot,setelan tdk dpt digunakan beritanya,mhn bantuannya

    1. Hallo Mas Antoni…

      Saya coba menuimpulkan dari beberapa sumber yang mendiskusikan masalah Android 7.0.

      Salah satu issue kelemahan Android 7.0 adalah koneksi WiFi, pada BV6000 tidak lama setelah update Android 7.0 akan ada update wireless firmware pastikan pada BV5000 hal ini sudah dilakukan.

      Untuk setting Hot Spot, coba lakukan setting ulang, adapun setting yg saya gunakan adalah :
      IPv4 – 2.4 GHz Band – WPA2 PSK

      Semoga bisa membantu

  6. Saya pengin beli bv6000,apakah 4g/jaringanya lancar di yepat tinggal pinggiran seperti dekat sawah dll? /apakah sinyal dan jarinag internetnya sma cepatnya seperti nexus yg pernah agan pake/hp bisa Terima kasih.

    1. Terima kasih Mas Yanuar sudah berkunjung ke JemariKeis.com

      Alhamdulillah BV6000 milik saya sinyal 4G pada slot 1 dan 3G pada slot 2 selalu bagus di area Bekasi pinggiran.

      Dibanding Nexus tidak jauh berbeda, tentu saat Nexus saya dalam kondisi sehat, karena terakhir saya ganti HP Dari Nexus ke BV6000 karena Nexus saya sudah lost signal.

    1. Hallo Mas Pian, terima kasih sudah berkunjung ke JemariKeis.com

      Sebelumnya, apakah ada kejadian yang kira-kira menjadi penyebab touchscreen bermasalah ? Atau sejak awal beli sudah bermasalah ?

      Lalu yang dimaksud bermasalah itu seperti apa ya Mas ?

      1. Baru-baru ini sih om setelah beli 5 bulan lalu.
        Touchscreen kadang tidak merespon dan kadang bekerja sendiri tanpa disentuh

        1. Mohon maaf saya belum bisa memberikan solusi spesifik, karena belum tergambar kronologi kejadian menjelang bulan ke-5.

          Namun pada kondisi terparah jika harus dilakulan penggantian touchscreen, sekarang sudah banyak online store di market place yang menjual spare part touchscreen BV6000.

  7. Salam, saya pake bv6000
    Dg build number;
    BV6000_BlackView_V01_20161025
    Android 6.0

    Masalah;
    hang, crash, not responding, bootloop, system ui error

    Mau update build number (udh download tp blum diinstall);
    BV6000_BlackView_V01_20170414

    Pertanyaan saya;
    1. Akankah update buildnumber ini membantu ? ๐Ÿ™‚
    2. Apakah buildnumber ini cuman bisa dipasangkan dg android 7.0 ?
    Fyi; android saya 6.0

    Itu dulu, makasih ๐Ÿ™‚

    1. Terima kasih mas Marolov sudah berkunjung ke Jemari Keis,

      Dari informasi yang kami dapatkan mengenai update BV6000_BlackView_V01_20170414, ada beberapa issue yang terjadi pada build number ini, issue problem terbesar adalah touch screen tidak sensitif ketika menekan layar, teruatma pada Home Back dan Menu, menonaktifkan mode Glove hanya sedikit membantu.
      Dan sebagian besar masalah yang dialami oleh pengguna BV6000 memang terjadi setelah melakukan upgrade ke Android 7.0.

      Ide untuk mengaplikasikan build number 20170414 pada Andorid 6.0 sepertinya ide yang bagus, meskipun belum ada informasi apakah bisa diaplikasikan atau tidak. Dan informasi build number yang lebih stabil adalah versi 201702**

      Semoga membantu

  8. saya mau tanya skrg kan BV6000 sudah ada update “BV6000_Blackview_V01_20170517” itu aman gak kalau sy update kesitu? terima kasih sebelumnya?

    1. Selamat pagi mas Firdaus, terima kasih sudah berkunjung ke JemariKeis.com

      Dari yang saya baca di forum Blackview untuk update BV6000_Blackview_V01_20170517 ada beberapa keluhan setelah updatem antara lain :
      – BV6000 mengalami reboot setelah melakukan panggilan telpon selama 1-3 menit
      – Ketika ada telpon masuk, terdeteksi telpon yang dituju diluar jangkauan (namun ini bukan di Indonesia)
      – Nge-Lag ketika menyentuh LCD touchscreen sehingga respon nya terlambat
      – Hang ketika mengetik

      Dan engineer BV6000 masih mencari jawaban solusi untuk Build Number ini, saran saya tetap menggunakan bnuild number yang sekarang, dan tunggu update berikutnya.

      Semoga Membantu

  9. Min, sy ada masalah dgn bv6000. Pertama papan ketikny suka ketutup sendiri. Kedua saat memutar music atau video suka pause sendiri. Mohon bantuannya.

    1. Selamat pagi mas Edith, terima kasih sudah mampir ke JemariKeis.com

      Untuk papan keypad yang nutup sendiri, sepertinya perlu analisa lebih dalam apakah ada masalah pada touchscreen atau pada konektor touchscreennya. Sementara untuk aplikasi music atau video yang pause kemungkinan karena system BV6000 terdeteksi idle sehingga menjadi pause, atau kemungkinan kedua jika memang aplikasi music/video player nutup sendiri alias mental, kemungkinan besar karena aplikasi tersebut crash dengan OS Android 7.0 karena saya juga sering mengalamai hal ini pada beberapa aplikasi yang saya jalankan. Semoga membantu.

    1. Terima kasih mas Aco sudah mengunjungi JemariKeis.com

      Mohon maaf sebelumnya, apakah sebelum kejadian kamera depan tidak bisa berfungsi, ada kejadian atau aktifitas yang terjadi ?

      Mungkin setelah jatuh, upgrade firmware, upgrade OS atau aktifitas lainnya ?

  10. Iya sy sudah upgrade firmware tp di minggu pertama masi normal setelah minggu kedua baru kamera depannya kadang tda bepungsi kadang juga bagu, tp asekarang samasekali suda tda bisa berpungsi, setiap sy buka kamera depan selalu ada pesan “kamera tda merespon”

    1. Salam Mas Aco,

      Terima kasih untuk informasi nya, dari informasi dari forum diskusi Blackview, permasalah kamera depan memang beberapa kasus terjadi setelah melakukan upgrade Firmware (Built Number), dari kasus yang sudah ditemukan adalah pada versi 20161011). Dari keterangan engineer Blackview, memang problem tersebut tidak dapat diatasi dengan factory reset, sehingga solusi yang akan menyelesaikan adalah dengan melakukan upgrade Firmware kembali ketika ada notifikasi dari Blackview (OTA) di ponsel mas Aco.

      Sebagai informasi saat ini saya menggunakan Firmware Build Number : BV6000_Blackview_V01_20161216 dan kamera depan dan belakang miliki saya berfungsi dengan baik.

  11. Halo min… mau tanya nih min bv6000 saya lagi update ke android 7 nih, tapi sampe sekarang malah menunya ga ada yang nongol malahan tulisan blackview aja yang nongol kaya waktu baru hidupin power… udah dimatiin trus dihidupin tetep gitu aja.. kira2 solusinya gimana ya.. makasih sebelumnya…

    1. Halo mas Depa, terima kasih sudah mampir ke JemariKeis.com

      Untuk permasalahan tersebut, kemungkinan ada kegagalan pada proses updating, sehingga pada saat Booting dan load file system terjadi kendala sehingga BV6000 tidak dapat melakukan booting secara sempurna. Saran saya, bisa dicoba lakukan Hard Reset dan masuk ke Recovery Mode, untuk caranya sudah saya tuliskan di artikel ini : http://jemarikeis.com/mengganti-launcher-bv6000-error-android-7-0/

      semoga membantu

  12. min. permisi

    saya baru beli BV 6000 baru, kok phone booknya darii kartu sim yg lama gak muncul. padahal sudah impor dari kartu untuk disalin ke tempat lain tapi gak muncul juga.so skrg kalo mau telpon harus masukin atu atu dari hape yg lain.. mohon pencerahannya

    1. Selamat pagi Guntur,

      Untuk melakukan import phone book bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa dilakukan lewat ponsel yang lama dengan melakukan export ke akun Google yang menjadi akun utama di Android, atau seperti yang mas Guntur lakukan dengan cara melakukan copy phone book dari SIM Card ke Akun Google di ponsel baru.

      Untuk cara yang kedua di ponsel BV6000, bisa dicoba dengan cara sebagai berikut :
      1. Buka Phone Book, Tap meni di kanan atas (berupa tiga titik ke bawah)
      2. Pilih Import/Export
      3. Pilih lokasi phone book yang akan di Import (SIM1/SIM2), Next
      4. Pilih lokasi tujuan phone book akan di simpan, saran saya pilih akun gmail yang utama
      5. Pilih semua atau hanya contact yang akan di dipindahkan saja
      6. Klik OK

      Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *