Sekitar satu pekan yang lalu di minggu ke empat bulan februari 2017 saya mendapatkan notifikasi untuk melakukan update wireless firmware BV6000, dan saya pun melakukan proses pembaruan, dengan menggunakan jaringan 4G ala-ala jaringan area Tambun, membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikan proses pembaruan hingga tahap installing.

Awalnya saya mengira ini hanya proses update firmware saja, namun setelah menyelesaikan proses pembaruan, ternyata BV6000 milik saya sudah beroperasi pada Android 7.0 Nougat. Wah ternyata pelayanan paska jual dari perusahaan ponsel China ini cukup Bagus. Di dalam forum diskusi resmi website Blackview ternyata proses update sistem operasi BV6000 sudah dimulai pada bulan Desember 2016, proses update secara bertahap di awali dengan 3000 perangkat BV6000 di akhirnya tahun 2016 lalu, dan saya mendapat giliran di bulan ketiga.

Awalnya saya suka cita, punya ponsel dengan sistem operasi kekinian, namun berselang setengah jam saya senyam-senyum, mulailah muncul pop-up message yang bunyinya “Google Play Services has Stopped“. Tidak hanya itu, diikuti dengan pesan yang sama untuk beberapa aplikasi, pfiuhhhh.

Pesan-pesan di atas bisa diatasi dengan melakukan pembaruan via Google Play dan sebagian aplikasi bisa berjalan normal kembali, hanya tersisa beberapa aplikasi yang hingga saat ini masih beasalah. Mungkin karena beberapa aplikasi tersebut belum menyiapkan update untuk Android Nougat ini.

Satu masalah lagi yang timbul yang paling bikin panik beberapa saat, take seperti aplikasi sebelumnya, pop-up message yang timbul adalah “Launcher3 has stopped” dan ini sangat mengganggu karena meskipun pop-up message sudah di close, namun muncul lagi sampai ponsel BV6000 milik saya tak bisa dioperasikan semacam hang gitu.

Berkesimpulan yang bermasalah adalah Launcher-nya setelah sempat curiga masalah pada sistem operasi akhirnya saya memutuskan untuk mengganti launcher menjadi Google Now Launcher, yang merupakan launcher bawaan pads ponsel saya sebelumnya Nexus 5, karena Nexus 5 adalah ponsel resmi besutan Google.

Alhasil BV6000 saya bisa kembali beroperasi, namun dengan launcer-nya Google BV6000 terasa agak berat, tak selincar Launcher3 dan performanya tak seperti ketika berpasangan dengan Nexus 5.

Setelah diskusi dengan teman di kantor, sebut saja Ardi, akhirnya saya mencoba alternatif launcher lain, sesuai rekomendasi akhirnya mencoba Arrow Launcher yang merupakan hasil pengembangan perusahaan raksasa Microsoft.

Tadaaaa….. Akhirnya BV6000 saya bisa berfungsi kembali dengan normal, dengan sensitifitas dan kecepatan proses yang sama dengan Launcher3 meskipun Arrow Launcher sedikit lebih rumit, namun dengan feature full custom, saya sudah menemukan tampilan yang saya inginkan. (Dhy)

Android 7.0 di Blackview BV6000 Bermasalah

Post navigation


81 thoughts on “Android 7.0 di Blackview BV6000 Bermasalah

  1. halo mas admin, skrg ini bln k 4 sy pake bv6000s dan saat ini sedang mengalami kendala lcd nya tidak menyala dan posisi hp masih hidup tanpa layar, dan tidak bisa menjawab panggilan. pdhl pemakaian normal2 aja, dan tiba2 aja blank gt. apakah lcdnya kena n hrs ganti..? pnya rekomendasi tmpt servis n sparepartnya gak min..? thx

  2. selamat sore gan
    ane mau nanya, hp ane bv8000
    kok sering ngerestart sendiri ya!
    dan ada aplikasi yg ga mau work
    tlg bantuannya gan
    terima kasih

      1. dari pertama hp sy dtg, sdh ada lgsg update sistem mas, trus sy update.
        jadi sy kurang yakin klo mslah sistemnya. soalnya setiap ada update-an terbaru, sy lgsg update.
        trus batrenya jg ga sesuai dgn kapasistasnya, sy nge-charger juga sehari bisa 2 kali
        ada yg jual “onderdil”nya kah???

        1. Untuk unpdate system, dari forum blackberry hongkong, memang ada di beberapa unit yang mendapat wireless update yang agak bermasalah, sehingga baiknnya di cek dulu versi build numbernya, dan cek dulu issue apa yang mengalami update, setelah sudah konfirm aman dan tidak ada issue bermasalah, barulah jalankan update system.

          Untuk battery saya pernah lihat di market place, ada beberapa seller yang menjual battre bahkan LCD BV6000, silahkan di cek. Namun saran saya, jika proses chargingnya sudah sesuai standard, dimatikan dan tidak over, coba pastikan dulu background process nya, dan matikan beberapa aplikasi yang dirasa tidak perlu jalan secara background.

          Silahkan cek artikel ini : Blackview BV6000 Panas dan Sering Hang

  3. Gan , bv6000 sy bermasalah gegara file manager terhapus smua, jd tdk mau d reset pabrik, muncul ny gambar robot android tertidur ada tulisan ‘no command’sy jg sdah cba factory reset tetp tdk bsa
    Mohon solusi ny…

      1. Sy coba hard reset timbul ny tulisan cina, Nyerah bos ga ngerti,
        Langkah slnjt ny gmn bosku

          1. Widdih, berat nih kasusnya, sepertinya butuh di flash ulang boss, kemungkinan karena memang ada file system yang terhapus.
            Mohon maaf untuk masalah ini saya belum bisa bantu.

  4. Mau tnya mas, knp iiah tiba2 hp bv7000 saya mati saat charger, waktu itu saya lgi main games dan memang trsa agk panas. Waktu charger btrai yg trsisa sktr 40%. Hingga skrg blum bisa hdup. Mhon pncerahnnya mas

    1. Terima kasih Mas Harun sudah berkunjung ke JemariKeis.com.

      Ada 2 kemungkinan hal ini terjadi :
      1. Mungkin terjadi kegagalan system, dan bisa dicoba melakukan hard reset seperti saya tulis pada artikel Mengganti Launcher BV6000 : http://jemarikeis.com/mengganti-launcher-bv6000-error-android-7-0/

      2. Saat saya menggunakan LG Nexus 5, saya mengalami hal yg sama, ternyata penyebabnya adalah kabel dan konektor yang menghubungkan sirkuit area bawah (tombol Home-Menu-Back) dengan sirkuit utama kabelnya putus, saya coba nekat betulin sendiri alhamdulillah berhasil.

      Namun untuk lebih akan dan meminimalisir kemungkinan kegagalan, saya sarankan minta bantuan ke temlat service handphone umum, karena ini adalah masalah yang umum terjadi pada ponsel Android. Selamat menikmati ngoprek handphone tanpa garansi 🙂

  5. Permisi mas, bv6000 saya bermasalah di wifi nya. Koneksi kurang lebih 15 menit terputus, kembali auto connect dalam hitungan detik. Ada solusi untuk masalah ini mas? Trimakasih banyak sebelumnya.

  6. trmakasih mas atas jawabnnya..
    cara no.1 dan 2 sdh d lakukan, tp g ada efek (screen ttp nyala terus).
    background task clear saya setting on untuk aplikasi WA dan yahoo mail saja, tp ttp g ngefek, msh g mau sleep mode.
    oya waktu prtma hp ini d aktifin, ada 2 pilihan.. setting baru atau sinkronisasi dr device yg lain. yg saya pilih yg sinkronisasi dr device lain (hp lama saya).. apakah ada efek dr situ ya..?

    1. Mohon maaf mas Huda jawaban saya belum bisa membantu 🙂
      Untuk case terakhir saya juga belum memperoleh info solusi, saya coba pelajari lagi, nanti jika ada titik terang akan saya kabari lagi.

      Salah
      Dhy

Comments are closed.