Sepekan berlalu sebuah perhelatan besar yang dihadiri oleh perwakilan karyawan muslim dari seluruh Grup Astra telah berlangsung, Astra Gema Islami (AGI 2016) adalah sebuah hal yang menyimpan banyak rasa dan canda. Beberapa foto yang saya ambil sepanjang acara berlangsung saya publikasikan di beberapa sosial media, tak hanya itu saya pun membicarakan ke beberapa teman di komunitas, Prionggo yang biasa dipanggil Ong salah satunya memberikan komentar “Keren banget ya bisa ngadain acara besar kaya gitu, padahal hampir semua perusahaan Grup Astra itu perusahaan Jepang”.

Fotografer juga Manusia
Fotografer juga Manusia

Sepekan berlalu acara AGI 2016 saya mulai kepikiran satu hal yang bikin geleng-geleng kepala sambil senyam-senyum, kalo di inget-inget wajah-wajah panitia yang lebih dari 100 orang dari seluruh Grup Astra, setelah seminggu saya baru sadar ternyata saya adalah panitia paling tua kedua dari seluruh panitia yang lebih dari 100 orang. Dengan perolehan skor usia tertinggi masih dipegang oleh ayahanda Nana Isnawan.

Pak Nana bisa dibilang menjadi tokoh sentral dalam perhelatan akbar ini, usia boleh banyak tapi semangat dan gesitnya ga kalah sama mahasiswi Polman yang menjadi panitia termuda dari seluruh panitia yang lebih dari 100 orang. Dalam meeting panitia yang pertama dan menjadi terakhir selama persiapan acara ini, hampir sebagian besar panitia dalam perkenalan mengucapkan “Saya di sini membantu Pak nana” atau dalam redaksi lain “Saya panitia jadi anak buahnya pak Nana” bahkan dalam kalimat yang lebih greget “Saya pembantunya Pak Nana”.

Rapat akbar pertama dan terakhir selama persiapan menjadi hal yang unik, untuk acara sebesar ini koordinasi persiapan dilakukan secara online, melalui media Grup Whatsapp dan aplikasi Trello, sungguh sangat kekinian dan makin membuat saya semakin terasa tua secara usia dan peradaban. Pak Nana meski hanya nongol sesekali saja namun ketikan berbunyi “hehehehehe…” adalah yang paling dinanti.

Presiden Direktur Astra Internasional - Prijono Sugiarto
Presiden Direktur Astra Internasional – Prijono Sugiarto

Tiba waktu pelaksanaan persiapan dan pinjem kamera kedua sudah siap digunakan, tiba pukul 07.05 pagi, sebagian besar panitia sudah berkumpul, dan beberapa tim peserta lomba mulai berdatangan, aura silaturahim berbalut senyum ramah memenuhi pelataran gedung Astra Internasional. Sekitar pukul 8 pagi, acara pun di buka dan dihadiri oleh Presiden Direktur Astra Internasional Prijono Sugiarto yang akran dipanggil Par Pri dalam sambutannya menyampaikan “Saya senang dengan tagline acara ini Menuju Profesional Muslim Astra, bagi saya makna sangat mendalam”.

Selain dihadiri Pak Pri, acara AGI 2016 ini juga selalu didampingi oleh ketua Yayasan Amaliah Astra Pongki Pamungkas, Pak Pongki selalu terlihat dengan senyum yang khas, menyatu dengan para panitia dan peserta terutama ustadz Ipul yang terlihat sangat akrab dengan jajaran direksi, Pak Pongki dalam wajah dan senyumnya terlihat rasa syukur dan bahagia karena acara AGI bisa berlangsung dengan lancar, ramai dan meriah.

Aksi welfie peserta CCIA - Wanita
Aksi selfie peserta CCIA

Astra Gema Islami tahun 2016 adalah pengalaman pertama saya ikut bergabung sebagai panitia, beberapa kali saya terhanyut ketika mendokumentasikan beberapa lomba antara lain lomba tahfidz anak, tahfidz dewasa, murrotal/tahsin dewasa, dan yang paling hebah dan penuh dengan momen selfie adalah lomba CCIA (Cerdas Cermat Islami Astra).

Lomba Tahfidz Anak
Lomba Tahfidz Anak

 

Senyum Peserta Murottal Qur'an
Senyum Peserta Murottal Qur’an

 

Peserta CCIA – Pria

Saya terhanyut dan beberapa kali tersadar, bahwa seluruh peserta adalah karyawan Astra, mereka bukan santri dari pesantren. (Dhy)

Astra Gema Islami – AGI 2016

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *