Sejak mengenal dunia fotografi, saya langsung tertarik dengan fotografi macro lebih spesifik adalah macro serangga, ketertarikan saya karena beberapa hal diantaranya adalah serangga sebagai foto model yang sangat luar biasa cantik dan anggun, dengan gaya dan sikap nya yang sangat natural, serangga sebagai foto model tak akan bisa diatur oleh penata gaya, fotografer mau atau tidak mau, rela atau terpaksa, harus mengikuti karakter dari sang model, dan juga memahami sifat sifat sang model, inilah tantangan bagi para fotografer macro.

Image


Alasan kedua adalah, saat melakukan sesi foto serangga, seringkali saya menjumpai serangga-serangga kecil yang belum pernah dilihat, dan bahkan memang seperti tak terlihat karena ukuran yang sangat kecil berkisar 1-5 milimeter, sehingga kejelian mata fotografer sangat diuji. Ditambah lagi, kejutan akan semakin mengasyikan disaat melihat hasil foto di komputer, seringkali saya melihat detail bagian per bagian tubuh serangga yang mengagumkan, malah kadang wajah serangga sering berekspresi yang lucu, sedih, marah dan malu-malu.

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapati seekor serangga kecil berwarna putih yang saat saya intip di view finder kamera sih tidak ada sesuatu yang unik, hanya seekor serangga kecil berwarna putih.

Namun ternyata setelah saya pindahkan hasil foto ke Laptop saya, dan mulai melihat lihat hasil perburuan hari ini, mulailah kejutan demi kejutan saya saksikan, ternyata ada sesuatu yang menarik dari serangga ini, perutnya terlihat besar, dan geraknya terlihat agak lemah, tak selincah serangga pada umumnya, karena saat itu saya melakukan perburuan foto serangga sekitar jam 8 pagi di pagi yang cukup cerah sehingga sayap seranga sudah cukup kering dari embun untuk kembali lincah beraktifitas.

Image

Tidak lama berselang, saya melihat di foto berikutnya, nampak tidak hanya ada satu serangga kecil berwarna putih, tapi ternyata ada 2 serangga dan yang satu berukuran sangat sangat lebih kecil, Masya ALLOH ini sama sekali tak terlihat saat saya lihat dari View Finder saat proses pengambilan foto berlangsung.

Dan hingga saat ini, foto di atas merupakan salah satu foto yang sangat mengharukan bagi saya, karena ternyata foto ini mengabadikan proses persalinan seekor serangga mungil yang cantik. Dan setitik putih itu ternyata adalah bayi serangga yang sangat kecil.

Dari foto ini saya merasakan begitu besar kuasa ALLOH sang pencipta alam semesta yg mengatur siklus regenerasi makhluk sekecil ini (bayi berukuran +/- 1 mm) dan ALLOH menjamin kehidupan serangga kecil ini, serangga yang tak kasat oleh mata manusia. Nikmat mana lagi yang akan kita dustakan.

Image

Baby Born – Kelahiran Seekor Serangga Mungil

Post navigation


One thought on “Baby Born – Kelahiran Seekor Serangga Mungil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *