Salah satu momen terbaik bersama anak-anak saya di hari libur adalah ketika melihat mereka terbangun dari tidurnya, ekspresi yang begitu lugu dan manja, membuat bibir ini tersenyum lembut.

Biasanya sesi pemotretan Ziya dilakukan setelah Zee mandi, pake baju rapih dilengkapi dengan pita atau bandana, namun kali ini saya mau mengabadikan kecantikan Ziya sesaat setelah bangun tidur, lengkap dengan baju tidurnya.

imageMasih dengan kamera yang sama dan lensa seadanya, kali ini mencoba ide yang saya dapat dari teman-teman komunitas Toekang Poto, eksplorasi refleksi Ziya di lantai teras rumah, yang kebetulan berwarna hitam.

Pemotretan dilakukan sekitar jam 06.30 pagi saat cahaya matahari masih agak merah karakter khas cahaya Sunrise (matahari terbit), alhamdulillah cahaya matahari di Bekasi cantik sekali. Pemotretan dimulai, saya gunakan low angle untuk mendapatkan refleksi/pantulan gambar di lantai, menggunakan diafragma F2.0 untuk mengaburkan garis sambungan lantai, dan untuk mendapatkan efek soft/lembut pada refleksinya.

Dan ini hasilnya tanpa editing, masih ada yang mengganjal pada komposisi, dan skin tone Ziya yang terlalu hangat, resiko yang diambil untuk mendapatkan hangatnya cahaya matahari. Untuk itu saya coba post processing dengan mengurangi nilai Vibrance menjadi -10 dan menaikan sedikit sisi tengah curve, tentu dengan cropping agar lebih enak dilihat.

image

Mungkin hasil editing tidak terlalu terlihat, karena saya tidak mau banyak merubah karakter foto aslinya, namun jika lebih jeli, akan nampak pada area wajah Ziya lebih sejuk dan lebih terang. Sesi foto pun usai ketika Ziya lebih memilih bermain bersama mas Keis yang sedang asik memindahkan hasil praktek pembibitan tanaman di sekolah.

image

Tak perlu lokasi yang jauh untuk membuat foto cantik anak-anak tercinta, hanya perlu sedikit eksperimen, namun jangan lupa tetap menjaga kebersihan dan keamanan lokasi yang akan digunakan. Selamat mencoba (dhy)

Baby Zee dan Sinar Matahari Pagi – Natural Light

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *