Pagi-pagi udah siap-siap berangkat jam 6 pagi, meluncur menuju ke Polres Kota Bekasi untuk perpanjang masa berlaku SIM C, karena tahun lalu sempet perpanjang SIM A dan mobil SIM keliling belum beroperasi, jadi harus ke Polres, tapi proses juga mudah dan cepat.

Setelah sampai parkiran Polres terasa aneh, koq sepi banget, ga ada hilir mudik warga sipil seperti tahun lalu. Setelah parkir motor, ambil tiket parkir, abang parkirnya bilang “Sekarang perpanjang di di Lotte pak” masih kurang yakin saya menuju tempat tes kesehatan tahun lalu, dan pak Polisi yang sedang menunggu jadwal apel bilang “Di sini bisa perpanjang SIM kalo malem mas, kalo siang sekarang perpanjang di Lotte“.

Mal Pelayanan Publik – Kota Bekasi

Akhirnya saya pun menuju Lotte a.k.a Bekasi Junction a.k.a Mal Pelayanan Publik Bekasi yang merupakan pengganti pasar proyek Bekasi. Melipir parkir di depan toko kopi Matahari, karena di sini tak ada tempat parkir motor, parkir mobil pun sempit.

Berjalan gontai bak koboi, dalam hati khawatir “Wadduh pasti antrian udah panjang banget kali ya, pintu udah kebuka, udah jam 7 kurang 5“.

Antrian E-KTP sampe deprok

Benar saja sessat masuk ke dalam mal, sudah terlihat antrian panjang, pak satpam langsung mengarahkan “Kalo mau perpanjang SIM antri nya di sana mas“, alhamdulillah ternyata untuk antrian perpanjang SIM tidak antri panjang, hanya beberapa orang saja sedang antri nomor, dan saya mendapat antrian nomor 47. Dan ternyata yang antriannya panjang adalah antrian E-KTP.

Ruang tunggu perpanjangan SIM

Koridor pelayanan perpanjangan SIM belum di buka, sudah terlihat puluhan orang yang akan perpanjang SIM, antrian yang tentu jauh lebih nyaman dari antrian tes kesehatan di Polres Bekasi.

Selamat pagi ibu dan bapak, bagi yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM, loket pelayanan paling cepat akan mulai dibuka pukul 08.00, jadi sekarang bagi yang ingin sarapan dipersilahkan” begitu penjelasan dari seorang ibu yang bertugas di Mol Pelayanan Publik Kota Bekasi. Dan saya pun segera meluncur mencari sarapan, dan pilihan jatuh ke bubur kacang ijo Kong Salim.

Koridor gerai dibukan tepat waktu jam 08.00

Setelah selesai sarapan, jam 08.00 koridor gerai pelayanan perpanjang SIM mulai dibuka oleh seorang lelaki muda bertubuh tegap. Mendadak seluruh peserta antrian langsung bereaksi, antusias, melihat kertas putih yang di pegangnya.

Menyimak aturan dan prosedur dari petugas

Lalu jam 08.10 menit pria tegap itu memegang Mic dan memberikan pengumuman, antara lain :

  1. SIM yang dilayani untuk perpanjangan masa berlaku adalah SIM yang maksimal 14 hari sebelum masa berakhir, jadi yang masa berakhirnya 15 hari lagi, besok datang lagi baru bisa dilayani.
  2. Hari ini kami hanya melayani 100 antrian untuk warga yang memiliki KTP Kota Bekasi, untuk selain itu silahkan konfirmasi lagi setelah pemanggilan antrian ke-100 apakah masih ada slot atau tidak
  3. Siapkan 2 foto copy KTP dan SIM asli, agar nanti tidak report menyiapkan saat dipanggil
  4. Antrian akan kami panggil per-10 nomor, jadi mohon antri dengan teratur, duduk, jangan ngumpul di depan loket
  5. Nanti akan diberikan form, setelah di isi silahkan untuk melakukan cek kesehatan di sana (menunjuk arah di balik eskalator).
  6. Pembayaran semua biaya silahkan lakukan di loket BRI di dekat area cek kesehatan
  7. Setelah bayar, nanti kuitansi warna coklat disimpan sebagai bukti untuk pengambilan
  8. Seluruh dokumen yang sudah di isi dengan benar, masukan ke kotak berkas registrasi
  9. Jangan khawatir, nanti dokumen akan diurutkan sesuai nomor antrian awal.

Untuk masalah pembayaran saya sarankan siapkan uang pas sejumlah 125 ribu rupiah untuk perpanjang SIM C, setelah selesai urusan bayar membayar di loket nan kecil mungil berbahan triplek, langsung saya masukan dokumen ke kotak antrian dokumen.

Duduk sebentar di bangku antrian, ga sampe 15 menit langsung dipanggil, menghadap petugas, ditanya apakah data masih sesuai KTP lama, jika OK langsung foto. Setelah foto, kembali menunggu di bangku, ga sampe 5 menit proses cetak SIM baru sudah selesai. Total proses dari mulai antri jam 07.00 sampai proses selesai jam 10.00. (Dhy)

Bekasi Bisa Perpanjang SIM di Mal

Post navigation


Leave a Reply