Tahun lalu saat awal memiliki perangkat BV6000 saya sempat mengalami handphone saya terasa sangat panas sehingga saya harus mematikan beberapa saat untuk mendinginkan dan baru dinyalakan lagi, saat itu selain panas terkadang saya mengalami batre yang cepat habis. Tak melakukan analisa panjang dan tak juga mempelajari, ketika itu saya hanya mengambil kesimpulan bahwa hal ini disebabkan oleh aktifnya GPS dan kondisi sinyal yang kurang baik, sehingga BV6000 bekerja keras mencari sinyal dan terus melakukan updating lokasi via GPS, yang ini entah fakta atau hanya merupakan asumsi dan mitos.

Namun di pertengahan tahun 2017, ketika saya mendapat penawaran untuk melakukan pembaruan OS dari Android 6 ke Android 7 tentu saya langsung menerima tawaran ini dengan tanpa analisa dan pertimbangan panjang, karena biasanya kalo ada OS baru pasti lebih keren dan kekinian, ditambah lagi, tak semua ponsel dari pabrikan yang berbeda mendapatkan tawaran update resmi via wireless update dari pengembang handphone tersebut. Dan setelah melakukan update selain terjadi upgrade OS, BV6000 saya pun mengalami update build number meskipun saya tak mengerti dengan detail perbedaan dengan build number sebelumnya.

Efek Android 7 Nougat lumayan terasa berbeda, terasa lebih ringan, cepat dan reponsif bahkan sampai terasa lebih sensitif saat menyentuh touch screen. Selain itu keluhan saya mengenai panas dan batre boros tak lagi terjadi. Sampai satu saat gangguan notifikasi dari beberapa aplikasi mulai terasa, dimana seluruh pesan dari WA tidak masuk ketika handphone dalam keadaan idle, terkunci dan ketika aplikasi WA tidak dijalankan.

Ratusan pesan WA baruakan masuk ketika saya membuka mode kunci BV6000 lalu kemudian menjalankan aplikasi WA. Efeknya sudah bisa ditebak, BV6000 mengalami hang dan menampilkan pesan “System UI isn’t responding”. Meskipin setelah seluruh pesan sudah berhasil masuk BV6000 kembali bekerja dengan normal.

Setelah mempelajari dan membaca beberapa forum, ternyata ketika BV6000 melakukan update build number dan juga Android 7, ternyata BV6000 melakukan beberapa perbaikan sistem yang menjadi penyebab keluhan  panas dan batre boros. Kedua hal ini disebabkan managemen background task BV6000 sangat buruk, dimana aplikasi-aplikasi yang berjalan dibelakang layar ketika handphone dalam keadaan idle menyebabkan kerja prosesor dan juga RAM yang sangat berat, hal inilah yang menyebabkan BV6000 menjadi panas dan boros batre.

BV6000 melakukan perubahan drastis, dengan adanya menu background task clear pada barisan menu setting, secara default BV6000 akan membunuh sebagian besar aplikasi yang berjalan disaat handphone dalam keadaan idle, termasuk aplikasi-aplikasi yang sangat ditunggu kabar botifikasinya seperti WA, BBM, Line, FB dan aplikasi sosial media lainnya.

Background task clear

Perubahan drastis ini memang sangat membantu untuk menghindari keluhan pasa dan boros batre, namun tidak juga menjadi bijaksana ketika secara default seluruh proses dan service background dinon aktifkan seluruhkan, efeknya ketika pertama kali hanphone bangun dari mode tidur di saat inilah kerja BV6000 menjadi sangat berat, dan tentu akan memakan seluruh kemampuan baik prosesor dan juga RAM, efeknya di saat ini menjadi peak kebutuhan daya dan tentu juga bisa berefek batre akan boros, jika user sering melakukan lock dan unlock handphone.

Masukan sebagai white list

Solusi yang saya sarankan adalah dengan melakukan custom setting pada menu background task clear, pilih beberapa aplikasi untuk dimasukan ke dalam white list yang artinya aplikasi-aplikasi yang dipilih tersebut tidak akan dinon aktifkan disaat kondisi sleep atau lock atau idle. Yang perlu diingat saat memilih untuk dimasukan ke dalam white list, pilihlah aplikasi yang memang dapat dipercaya, jangan salah pilih, karena ada beberapa kasus aplikasi yang berjalan di background dan ternyata melakukan transaksi data yang menyedot kuota data. (Dhy)

 

Blackview BV6000 Panas dan Sering Hang

Post navigation