Alasan utama dahulu ketika memilih handphone BV6000 adalah supaya awet tahan banting dan tahan air ketika jatuh ke banjir atau kehujanan, alhamdulillah benar adanya, tidak khawatir lagi jika handphone dimainin anak dan jatuh terbanting, begitu pula dengan sistem proteksi anti airnya, meskipun saya belum pernah mencoba untuk melakukan tes sampai menyelam ke dalam air, nanti saja jika memang terjadi sebuah kejadian yang tak direncanakan.

Namun belakangan saya penasaran, bagaimana sih sistem proteksi handphone yang memiliki sertifikat IP-68 yang katanya merupakan sertifikasi proteksi taraf internasional yang dikeluarkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC), yang biasanya terkait dengan casing dan perlindungan elektrik. Dimana kode angka 6 merupakan klasifikasi untuk perlindungan terhadap debu dengan pengujian secara vakum selama 8 jam, sedangkan kode 8 adalah seritikasi untuk perlindungan terhadap kondisi terendam air dan air tak akan masuk ke dalam perangkat, dalam beberapa kasus bisa memungkinkan masuk, namun dijamin kadar air yang masuk tak membahayakan fungsi perangkat, biasanya untuk pengetesan ini dilakukan di kedalaman 3 meter di bawah permukaan air.

Semakin penasaran, bagaimana sebenarnya sistem proteksi di handphone Blackview BV6000 yang sepertinya sangat luar biasa hingga anti banting, anti debu, dan anti air. Dan karena sudah ada di tangan saya, maka saya putuskan untuk membongkar BV6000 berwarna kuning hitam yang juga bersertifikat IP-68.

Untuk membongkarnya, tidak terlalu rumit, hanya memerlukan sebuah kunci bintang yang ukurannya umum biasa digunakan untuk membuka handphone, hanya tinggal cari yang pas saja, ditambah obeng “-” yang merupakan bawaan dalam box BV6000.

Casing BV6000 kondisi terbuka

Tak sampai 10 menit, saya berhasil membuka casing BV6000, proses pembongkaran mulai dari membuka slot tempat sim card dan memory card micro SD, setelah itu buka bagian sisi kiri dan sisi kanan yang terbuat dari logam yang menambah kesan kekar pada BV6000, lanjut dengan membuka area belakang yang terdiri dari 4 baut bintang ukuran kecil, sistem pelumasan baut sangat bagus, hingga tak sulit membuka seluruh casing BV6000 ini, jangan lupa kumpulkan seluruh baut, bagi sesuai posisi agar tidak tertukar, termasuk beberapa tombol yang akan langsung terlepas saat membuka sisi kiri dan kanan handphone BV6000 ini.

Hati-hati dalam memisahkan casing depan dan belakang, karena saat saya membuka casingnya kamera belakang akan langsung terlepas dari konektor fleksibel, pastikan tidak terjadi patahan atau sobek pada kabel konektor kamera ini.

Packing IP-68

Lalu apa yang spesial dari handphone bersertifikat IP-68 ini ? sepintas paska saya membuka casingnya tak ada hal yang spesial, namun setelah diperhatikan proteksi ada pada sekeliling casing yang terlindung dengan semacam packing karet yang melindungi celah antara casing depan dan casing belakang, dan saat membuka pun harus hati-hati, karena packing nya mudah terlepas dari groove (alur) tempat peletakannya, dan ketika akan mengembalikan pada groove tersebut agak sulit seolah packingnya sudah menjadi melar sesaat saja, namun setelah di urutkan dengan sabar, bisa mengembalikan packing tersebut ke posisi nya.

Ring karet seal tiap lubang baut

Selain pada packing, ternyata ada pula perlindungan pada baut yang digunakan, pada setiap baut terdapat ring karet yang sangat ketat, yang dengan ring karet ini dapat mencegah air masuk dari celah antara ulir baut dengan ulir pada lubang baut di casing, sebuah proteksi yang sederhana namun efektif.

Baut bintang dan seal karet

Awalnya saya mengira proteksi anti air nya BV6000 seperti proteksi pada papan PCB mesin cuci yang pernah saya miliki, dimana seluruh rangkaian elektronik dalam PCB kontrol mesin cuci diguyur dengan bahan semacan silikon, untuk proteksi jika papan PCB kontrol mesin cuci ini terguyur air sabun. Namun faktanya handphone Blackview BV6000 tidak overkill terhadap sistem perlindungannya, sementara proteksi terhadap anti benturan dan anti jatuh dari ketinggiannya benar-benar mengandalkan pada bahan plastik yang bercampur dengan karet pada sisi sekeliling casingnya.

Saya ingatkan kembali untuk hati-hati dalam penanganan packing yang ada di sekeliling casing jika akan memasangnya kembali, selain itu yang lebih hati-hati lagi dalam penanganan ring karet yang berukuran sangat kecil dan mudah hilang, ditambah ketika akan memasukan baut saat perakitan akan sedikit sulit dalam menembus ring karet ini, hati-hati baut loncat dan ring karet hilang.

Demikian review hasil bongkar-bongkar casing handphone BV6000 yang bersertifikat IP-68, saran saya tetap bijak dalam penggunaan feature kehandalan handphone ini, karena sistem proteksi disediakan sesungguhnya dalam keadaan darurat, bukan berarti setiap saat harus mendapatkan perlakuan kasar dan ekstrim, selamat menikmati handphone tanpa garansi. (Dhy)

Bongkar Casing Handphone IP-68 Blackview BV6000

Post navigation


2 thoughts on “Bongkar Casing Handphone IP-68 Blackview BV6000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *