Kemarin sore hujan rintik-rintik menyejukan Bekasi, hujan reda sekitar jam 4 sore, langsung saya ambil kamera dengan lensa macro 100 mm dan Raynox DCR-250. Yang saya ingat, setelah hujan sayap serangga basah dan ini menyulitkan serangga untuk terbang sehingga akan memindahkan sesi foto.

Di depan rumah, bukan di kebun Alhamdulillah ketemu sama capung, dan yang saya ingat lagi kalo jam segini adalah jam tidur siang capung. Benar saja, capung ini anteng banget, ga gerak, ga terbang meskipun saya foto dari jarak dekat, sekitar 10 cm jarak antara lensa dan capung, bukan itu saja, capung tidak kabur meskipun tangan dan lensa saya membuat ranting pohon ini goyang-goyang, mungkin ia sedang tertidur lelap.

image

Masih dengan cahaya seadanya, cahaya matahari sore, saya setting Kamera di mode Av, Lensa Manual Focus, Iso-2500, F18, 1/8 second, AWB, menggunakan Tripot, Shutter Timer 2 detik, manual focus dengan bantuan LCD View Zoom pada area mata.

image

Alhamdulillah bisa dapet mata Facet nya, meskipun belum terlalu maksimal, Raynox DCR-250 membuat area fokus sangat sempit, rencana selanjutnya akan coba menggunakan F22 dan dengan bantuan eksternal lighting. (Dhy)

Foto Capung Tidur

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *