Setelah sekian lama dihantui dengan error “Remote Signal Lost” yang selalu keluar di aplikasi DJI GO saat saya menerbangkan Phantom 4 melebihi ketinggian 15 meter , akhirnya sudah dapat diselesaikan dan bisa menikmati keindahan Bekasi dari ketinggian di atas 50 meter.

Beberapa kemungkinan penyebab sudah saya ceritakan di artikel DJI Phantom : Remote Signal Lost dan di akhir artikel saya ceritakan bahwa akhirnya service center DJI di Kelapa Gading menawarkan untuk mengirim remote saya ke tanah kelahiran Phantom 4 saya di China.

Order Form Repair DJI

Setelah melakukan klaim atas masalah remote, saya klaim ke service center DJI pada tanggal 17 Mei 2017, dan proses ini sangat mudah tanpa ada basa-basi dan proses yang dipersulit, hanya menceritakan kejadian yang sudah terjadi, kemudian minta persetujuan bahwa remote akan dikirim ke China, proses pun berjalan, unit Phantom 4 saya termasuk drone dan remote saya tinggal di sana.

Saat menyerahkan unit, teknisi yang menerima juga memberikan gambaran kepada saya, bahwa proses repair ke DJI China paling cepat baru akan selesai setelah 2 bulan. Weeew… waktu yang sangat lama, kebayang 2 bulan ga terbang, untuk masih bisa moto di darat dengan DSLR yang ada.

Menunggu dan menunggu, setelah dua bulan tepatnya setelah lebaran Iedul Fitri, di awal bulan Juli saya menanyakan ke service center, dan ternyata unit repair belum selesai. Pfiuuuuh… tunda lagi terbangnya. Sampai pada bulan ketiga, tepatnya awal bulan Agustus, kabar baik pun belum saya dapat, namun yang saya suka dari pelayanan service center DJI Kelapa Gading ini adalah pelayanan yang bukan basa-basi. Saya diminta menunggu karena mereka akan konfirmasi ke DJI China, benar saja, selang sehari saya diberi kabar “Mas unit remote yang di repair sudah selesai, tapi masih nyangkut di bandara, kendala Bea Cukai, nanti kita kabarin lagi“. Wah meskipun bukan berita remote sudah bisa diambil namun informasi ini cukup melegakan.

Selang sepekan saya tak dikabari, dan akhirnya saya kontak via whatssapp dan telepon, lalu dapat kabar “Mas, ini masih kendala di bea cukai, tapi karena kayaknya susah keluar dari red line, besok mas ke sini ana, kami akan ganti dengan unit Remote baru” wah seperti mendapat duren jatoh, akhirnya ada kabar baik.

Remote Pengganti

Ketika saatnya saya mengambil remote, ngobrol dan pemilik service centernya, karena teknisi lagi sibuk di area repair. Dan ia cerita ternyata remote nyangkut bukan di bea cukai Bandara Soekarno Hatta, melainkan nyangkut di Bandara China.

Serah terima remote dilakukan setelah test terbang di depan toko, Phantom 4 saya sudahbisa terbang di atas ketinggian 50 meter dengan jarak 100 meter, akhirnya langsung di bungkus dan siap bawa pulang.

Awalnya saya kira ini layanan yang benar-benar bebas biaya, ternyata saya masih harus membayar biaya kirim remote ke China sebesar Rp. 650.000, namun biaya penggantian baru tidak dikenakan biaya sedikitpun, padahal harga sebuah remote Phantom 4 baru adalah lebih dari 4 juta rupiah, jadi tanpa ragu dan banyak komplain saya langsung membayar biaya kirim, karena ini sebuah hal yang wajar menurut saya.

Pesan terakir dari teknisi DJI “Mas, kalo udah enak buat terbang, bisa terbang tinggi dan jauh, ga usah di update firmware ya mas, nanti masalah lagi“. (Dhy)

 

Garansi DJI : Remote Signal Lost

Post navigation