Di sini udah mulai dagang dari jaman engkong saya, saya juga ga tau pastinya taun berapa, yang saya inget engkong saya meninggal tahun 61″.

Cerita sejarah Toko Mas Anyan dari Frans selalu pemilik yang kini menjalani bisnis jual beli perhiasan emas di jalan Ir. H. Juanda Bekasi, tepatnya di jalan utama kawasan perdagangan tertua di Bekasi, Pasar Lama atau yang dikenal juga dengan sebutan pasar Proyek.

Koleksi perhiasan Toko Mas Anyan
Koleksi perhiasan Toko Mas Anyan

Frans yang kini berusia lebih dari 40 tahun adalah generasi ketiga yang menjalankan Toko Mas Anyan, sebuah toko mas yang sangat legendaris di Kota Bekasi. Generasi pertama Toko Mas Anyan adalah engkong dari Frans, yang datang langsung dari China sebelum Indonesia Merdeka dan ketika datang dari China ke Indonesia ia pun langsung tinggal di Bekasi dan berdagang emas di Pasar Lama Bekasi.

Sepasang Pemuda Memilih Cincin 24 Karat
Sepasang pemuda pemudi memilih cincin 24 karat

Koh saya mau nyari cincin 24 karat, yang beratnya 3 gram, saya dikasih tau sama Ibu saya suruh belinya di sini“. Ucap seorang pemuda yang datang ke Toko Mas Anyan bersama pasangannya.

Sebagian besar orang yang belanja di Toko Anyan ini karena rekomendasi dari orang tua mereka, direkomendasikan karena Toko Anyan dikenal adalah Toko Mas yang menjual perhiasan emas dengan kualitas yang paling bagus di wilayah Bekasi dari generasi ke generasi.

Saya emang udah lama bisnis Emas, jadi saya hanya jual barang yang kualitas emas nya bener-bener bagus, ga ada Toko Mas lain yang jual Emas yang kandungan Emas nya setua saya“.

Keterangan Frans yang berkomitmen menjaga kualitas Emas yang ia jual dari generasi ke generasi, Frans juga menjelaskan pemasok bahan logam mulia murni ia dapatkan dari 2 jalur, bisa dari ANTAM dan bisa dari pemasok langsung yang tentu memiliki harga yang  lebih murah, karena belum masuk margin biaya sertifikasi dan pengecekan Resmi.

Dari bahan logam mulia tersebut, Frans memberikan ke tukang bikin perhiasan kepercayaannya yang juga masih berlokasi di Bekasi, namun Frans tak memberikan penjelasan dimana letak tepatnya posisi pengerajin emas tersebut.

Bon Pembelian Toko Mas Anyan
Bon Pembelian Toko Mas Anyan

Bisnis emas emang keliatan menggiurkan, jadi banyak orang ikut-ikutan, tapi kadang mereka maen nya nurunin kualitas biar bisa bersaing harga, kalo saya mah no komen deh sama pemain yang kaya gitu” lanjut Frans sambil menulis kuitansi yang merupakan dokumen berharga dalam jual-beli perhiasan emas.

Saya generasi ketiga, nanti Toko ini akan turun ke anak saya dan lanjut ke generasi-generasi berikutnya“. (Dhy)

Generasi Ketiga Toko Mas Anyan Bekasi

Post navigation


One thought on “Generasi Ketiga Toko Mas Anyan Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *