Opordosis paska lebaran telah melanda, kini saatnya giliran membakar kalori yang tertimbun di bawah kulit, mencoba variasi olahraga baru yang pernah dijalani di masa kecil dulu, mecoba kembali gowes sepeda milik ami yang sudah terlalu lama tertidur di rumah mbah uti. Demi keselamanan dan kenyamanan, sebelum digunakan kembali lakukan cek kondisi sepeda, cek semua fungsi dan tidak lupa memberikan chain wax secukupnya, sepeda pun siap dikayuh dengan nyaman dan aman.

Ujung Jalan Aspal - Jalan Desa Satria Jaya
Ujung Jalan Aspal – Jalan Desa Satria Jaya

Berbekal air putih 500 ml dan uang 70 ribu, dengan setting target jarak tempuh kali ini sejauh 10 KM, target yang tak muluk-muluk karena sudah lama tidak gowes sepeda. Ini adalah tahap latihan fisik sebelum mencoba B2W dari rumah ke kantor di kawasan MM2100 yang berjarak sekitar 15 KM. Jalur yang saya ambil adalah jogging track yang belum terselesaikan di tahun lalu karena saat jogging jarak tempuh mentok di 7 KM, jalur tersebut adalah Bulak Kapal – Bekasi Timur Regensi – Kali Busa – Gabus – Ganda Agung – Bulak Kapal. 

IMG_20160709_072835
Jalan Desa Satria Jaya – Jalan Raya Gabus

Saat jalur perjalanan melewati Perumnas 3 – Pasar Rawa Kalong – Perumahan Bekasi Timur Regensi jalur perjalanan masih terasa biasa saja, layaknya jalur on-road pada umumnya. Setelah melewati beberapa perumahan dan sampai di wilayah Kali Busa, tibalah di jalur yang nyaris membawa rasa seolah bukan lagi di Bekasi, ini artinya sudah masuk ke wilayah Gabus.

Hamparan Sawah Di Gabus
Hamparan Sawah Di Gabus

Jalan cor beton serta aspal mulai berakhir, tiba di jalur tanah yang konturnya bergelombang ada pula yang masih basah sisa hujan beberapa hari yang lalu, udara yang terasa segar layaknya gowes di puncak atau Bandung, hingga tiba di jalan setapak yang diapit oleh sungai di sisi kiri dan hamparan sawah di sisi kanan menjadikan perjalanan ini sangat istimewa, bisa mengobati nyeri dan ngilu di paha dan betis selama mengayuh pedal sepeda.

Jalan Setapak Gabus Pinggir Sawah
Jalan Setapak Gabus Pinggir Sawah

Gabus yang digambarkan sebagai wilayah di mana tinggal para jawara Bekasi, ternyata menyimpan suasana alam yang indah dengan sawah dan pepohonan, dan suasana gabus makin sempurna dengan taburan sapa serta senyum masyarakat yang saya jumpai sepanjang jalan, membuat terasa semakin terasa sejuk dengan segala kesan yang ramah sepanjang perjalanan di wilayah Gabus ini.

Dari beberapa olahraga yang pernah saya jalankan sebelumnya, sampai pada kesimpulan pribadi bahwa kelelahan psikis lebih mendominasi dibanding kelelahan fisik, sehingga motivasi dari dalam diri pribadi adalah sumber energi utama yang bisa memberikan semangat di setiap aktivitas hingga garis finish dan mencapai target yang ditetapkan.

Sebagai perbandingan antara olahraga gowes sepeda dengan joging yang saya alami, saat joging perut saya mulai merasa lapar (sebagai tanda menipisnya cadangan glukosa dalam darah) pada jarak tempuh sekitar 3 KM, saat gowes hal ini  terasa pada jarak tempuh 7 KM. Hal ini sangat saya perhatikan karena saat inilah menjadi titik awal pembakaran lemak jika terus bergerak dengan heart rate 65% yang setara dengan aktifitas joging santai atau gowes sepeda, dan tantangan terberat di masa ini adalah setiap kali melewati penjual nasi uduk dan bakwan serta gorengan yang lain, namun maaf tidak ada foto warung nasi uduk di sepanjang perjalanan, karena saya khawatir khilaf.

Konsistensi adalah kata kunci saat menjalankan olahraga apapun, tidak ada hal yang instan, dengan semangat di awal dan menanamkan target jangka panjang adalah salah satu cara melawan kebosanan saat menjalankan olahraga secara rutin, sehingga bisa mencapai target yang ditetapkan oleh diri pribadi bukan untuk orang lain. Dan saya sangat menyarankan untuk membawa gadget yang ringan untuk digunakan sebagai penunjuk jalan (GPS) dan tentu untuk dokumentasi keindahan sepanjang perjalanan. Selamat berolahraga dengan konsisten, karena olahraga adalah gaya hidup seumur hidup. (Dhy)

Gowes Keliling Gabus – Bekasi

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *