Beberapa minggu terakhir bulan september ini salah satu grup Whatapps  ramai dengan topik lomba inovasi Jardine, saya tertarik ikut menuliskan ide-ide liar tentang teknologi masa depan, tapi tak punya cukup imajinasi liar dan gila untuk membuat sensasi. Saat makan malam saya menyampaikan niatan ini kepada istri, dan juga menyampaikan ide agak mentok dan tidak ada gambaran akan menuliskan ide apa ke lomba Innovate Jardines. Dan istri komentar “Coba ngobrol sama Keis, Keis kan suka ada ide-ide yang aneh-aneh”.

Dan benar saja, ketika saya menyampaikan hal ini kepada Keis di malam hari, ia terlihat berfikir, kemudian tertidur. Hingga esok hari, saat saya pulang kerja selepas maghrib, mas Keis langsung memberikan saya 3 lembar kertas HVS yang berisi sketsa konsep mobil masa depan yang ada dalam imajinasinya. Setelah memberikan sketsa konsep, saya minta mas Keis menceritakan apa isi konsep tersebut yang dilengkapi dengan gambar dan tulisan penjelas, setelah mas Keis bercerita sambil sesekali saya bertanya, saya coba menyimak, berimajinasi, dan akhirnya menetapkan jalan judul dan jalan cerita, dan jadilah Idea Number D1289 yang saya masukan dalam kategori “Winning The New Age Customer”

Sketsa Global
Sketsa Global

Deskripsi

Mudah, efisien dan cepat adalah kata kunci teknologi transportasi masa depan ditengah perkembangan teknologi informasi yang berkembang dengan sangat cepat yang tak lagi berkembang dalam garis linier namun pada grafik yang mencuat tajam ke atas, ditambah lagi kesadaran konsumen terhadap teknologi ramah lingkungan untuk menjamin kelestarian dan keindahan alam di masa depan, hal ini bagi kita sebagai salah satu perusahaan di bidang otomotif menjadi sebuah tantangan untuk memberikan solusi transportasi dengan tuntutan kebutuhan tersebut.

Perkembangan dunia otomotif tak dapat dipungkiri merupakan penyumbang terbesar padatnya jalan raya yang berakibat pada kemacetan, kemacetan ini memiliki efek domino yang sangat kompleks, mulai dari tidak dapat diperhitungkannya jarak tempuh dari satu lokasi ke lokasi berikutnya yang bisa berimbas pada rusaknya rencana perjanjian pertemuan bisnis yang sudah di agendakan dari jam ke jam dari hari ke hari. Selain itu sumber energi pun terbuang dengan percuma karena terbakar di saat kemacetan serta pembakaran yang tidak efisien akibat kecepatan kendaraan yang tidak stabil.

Di sisi lain perkembangan teknologi informasi makin melesat, hampir semua orang mengakses telepon genggam pintar untuk mencari jalan alternatif yang paling dekat, cepat dan efisien, namun dengan moda transportasi saat ini, pengendara hanya bisa memilih satu opsi moda saja, yaitu moda transportasi darat.

Dari sinilah lahir ide Triathlon Utility Vehicle (TUV), sebuah mimpi 3 moda transportasi yang menjadi satu dalam sebuah kendaraan milik anda, mobil yang anda miliki dapat mengajak anda berpetualang di jalan darat, air dan udara, sebuah impian yang bukan tidak mungkin akan segera terwujud.

Ketika melakukan perjalanan jarak jauh, pengendara menentukan tujuan perjalanan, selanjutnya TUV akan menganalisa menggunakan Virtual Map 4 Dimensi yang dapat memberikan informasi jarak serta kondisi jalur yang paling efesien yang akan diambil baik melalui alternatif jalan darat, air dan udara. Ketika di deteksi bahwa jalan darat mengalami kemacetan, maka TUV akan menganalisa di mana jalur air terdekat yang dapat di gunakan dengan persayaratan kedalaman serta lebar sungai yang bisa digunakan, analisa ini berdasarkan informasi dari Virtual Map, untuk mencapai jalur air maka TUV akan mengaktifkan moda terbang untuk bisa keluar dari kemacetan, hal ini bisa terjadi karena TUV berkemampuan melakukan vertical take off dengan mesin jet pendorong di bagian bawah TUV.

Setelah keluar dari kemacetan di jalur darat dan tiba pada jalur air terdekat yang dapat digunakan, maka TUV akan mengalihkan dari moda terbang ke moda renang, alasan tidak melanjutkan pada moda terbang tentu alasan pertimbangan efisiensi bahan bakar, dimana bahan bakar yang digunakan adalah berasal dari tenaga surya di siang hari dan pada malam hari menggunakan tenaga baterai hasil dari penyimpanan energi surya di siang hari. Efisiensi tetap menjadi kata kunci.

Traffic di tiga medan (darat, air, udara) dipantau secara real time pada Virtual Map dan terhubung langsung ke perangkat komputer yang tertatam dalam kendaraan TUV, selain mengusung kenyamanan TUV juga sangat memperhatikan keamanan bukan hanya bagi pengendara tapi juga bagi seluruh pengguna TUV di area tersebut, sehingga berkendara baik jarak jauh maupun jarak dekat bisa dilakukan dengan aman, nyaman, dan tentu senyuman.

page-0001
Sketsa detail per moda

Secara design baik tampilan luar maupun tampilan dalam TUV sangat memperhatikan fungsi serta estetika, baik mesin jet pendorong untuk melakukan vertical take off, bentangan sayap yang akan mengembang di saat yang tepat ketika berada di udara, perangkat pendorong ketika di air, hingga perangkat amphibi yang sangat dibutuhkan ketika TUV berada di dalam air pun tertata dengan rapih, aman dan fungsional.

Sketsa detal bagian bawah TUV
Sketsa detal bagian bawah TUV

Semoga dengan solusi ini bisa tercipta suasana transportasi tanpa macet, rendah polusi dan memberikan kesan yang membahagiakan sepanjang perjalanan bersama keluarga maupun rekan bisnis.

Inti masalah pada tahap pre/after sales

Tantangan terbesar untuk mewujudkan Triathlon Utility Vehicle (TUV) ini adalah proses integrasi 3 teknologi besar di bidang transportasi, yaitu otomotif, penerbangan dan maritim. Selain itu yang perlu dikembangkan adalah perangkat energi yang bisa merubah dari cahaya matahari menjadi energi yang cukup besar untuk bisa berlari, berenang dan terbang dengan kecepatan yang baik, serta teknologi batrai yang tahan lama karena transportasi juga berlangsung di malam hari.

Proses penciptaan Virtual Map nampaknya sudah sangat dekat akan terwujud, dengan teknologi pencitraan melalui satelit yang sudah semakin canggih, tantangannya adalah bagaimana menjadikan teknologi ini menjadi lebih murah dan dapat digunakan untuk public, serta melakukan integrasi dengan perangkat TUV bukan hanya satu kendaraan melainkan seluruh perangkat TUV.

Selain sisi teknologi, kebijakan pemerintah juga perlu mengalami perubahan, terutama kebijakan dalam aturan terbang dan penggunakan langit sebagai jalur terbang, karena semua masyarakat memiliki hak yang sama untuk terbang menggunakan TUV mereka, tentu setelah mampu memberikan kepastian keamanaan dam pola pengaturan Flying Path yang jelas sehingga tidak beresiko mengalami tabrakan di udara.

Semoga dengan kompetensi yang kita miliki, perusahaan kita mampu mewujudkan alternatif solusi untuk masalah transportasi di negara kita bahkan di dunia dalam waktu yang tidak lama lagi. (Dhy)

 

 

Innovate Jardines : Run, Swim and Fly With Your TUV (Triathlon Utility Vehicle)

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *