Ramadhan tahun ini menjadi sangat spesial, performance Keis meningkat tajam dari Ramadhan tahun kemarin, sekitar sebulan menjelang Ramadhan Keis sudah berkali-kali bertanya “Abi kapan kita mulai puasa ?” kalimat yang berkali-kali dilontarkan Keis, hingga 3 hari menjelang Ramadhan “Yeay… 3 hari lagi kita mulai Puasa” kegembiraan Keis menyambut Ramadhan tahun ini.

Ramadhan tahun ini berjalan, Alhamdulillah tak ada hambatan yang berbarti bagi Keis dalam menjalankan Puasa, kini Keis berusia delapan tahun, dan akan masuk ke Kelas 3 SD, Keis sudah mulai belajar puasa Ramadhan sejak duduk di bangku TK A, dan mulai puasa full sehari penuh pada kelas 1 SD, sehingga shaum Ramadhan tidak terasa berat olehnya, meskipun di pekan pertama puasa, Keis sempat bergumam karena terbiasa memakan cemilan dan banyak minum.

Berjalan sepekan Ramadhan, Keis kembali bertanya “Abi kapan kita mulai ítikaf ?” seperti tidak sabar ikut itikaf seperti tahun sebelumnya “Kita ítikaf di 10 hari terakhir Ramadhan mas, jadi kita mulai ítikaf di malam ke-21 Ramadhan”tiba di hari ke-19 Ramadhan “Yeay… kita besok malam ítikaf”.

Keis saat Itikaf
Keis saat Itikaf

Dengan penuh semangat Keis mempersiapkan diri untuk ikut ítikaf di Masjid Al-Barokah Perumahan Permata Duren Jaya Bekasi Timur,  Masjid yang sangat nyaman dan sangat ramah untuk anak, sehingga sejak 3 tahun lalu mulai itikaf di masjid ini selalu ramai dengan anak-anak yang asyik memboyong selimut dan bantal mereka ke Masjid ini. Malam ini Keis tertidur di pukul 00.05 dini hari, dan saya membisikan “Mas, nanti ikut sholat tarawih jam tiga pagi ?” dan Keis pun mengangguk. TIba pukul 3 dini hari, Keis agak sulit dibangunkan namun berhasil bangun untuk wudhu pada pukul 03.10 dini hari, Alhamdulillah hanya tertinggal 1 rokaat saja. Selesai di 2 rokaat pertama lanjut pada 2 rokaat kedua yang Keis ikuti dari awal, sholat tarawih (qiyamullail) kali ini di imami oleh Ust. Jamhur Lc. yang merupakan seorang Hafidz Qurán. Hampir 15 menit Keis mengikuti dengan khusyu, dan akhirnya memutuskan “Bi… kita sholat tahajud nya berdua aja yuk di sebelah”.

Di tahun ini kemampuan membaca Qurán Keis sudah jauh lebih baik dari tahun kemarin, sehingga selama ítikaf Keis sangat bersemangat ikut membaca Qurán mulai setelah selesai kajian ba’da tarawih, hingga selesai sahur menjelang subuh Keis membaca Qurán dengan bersemangat, terlebih saat ítikaf ada seorang anggota legislatif yang tinggal tak jauh dari masjid memberikan hadiah Al-Qurán hafalan kepada Keis, sehingga selain bersemangat membaca Qurán Keis juga semakin semangat untuk menghafal Qurán.

Tantangan terbesar Keis ketika puasa Ramadhan adalah saat sahur, di pekan pertama seperti tahun sebelumnya Keis masih sahur dengan mata tertutup dan makan pun harus disuapin. Hingga di akhir pekan pertama, Keis diberikan tantangan jika berhasil akan diberikan reward di tiap akhir pekannya, tantangannya adalah jika bisa bangun sahur, kemudian bisa makan sahur sendiri tanpa di suapin serta dengan mata terbuka, maka Keis berhak atas reward tersebut. Alhamdulillah Keis menjawab tuntas tantangan ini, hingga pekan terakhir Ramadhan tahun ini.

Hadiah yang dipilih Keis adalah mainan Ninja-Go yang sedang hits akhir-akhir ini, Keis terlihat sangat gemar merakit mainan ini, hingga Keis tiba pada pekan terakhir tantangan sahur, hadiah yang sudah disiapkan adalah Gundam HG (High Grade) dengan tingkat kerumitan yang sangat jauh lebih rumit dari Ninja-Go.

Keis Merakit Gundam
Keis Merakit Gundam

Selesai ítikaf di malam ke-27 sepulang ke rumah mbah Uti, Keis langsung menggarap Gundam yang menjadi hadiah di pekan terakhir, jadilah hari ini Keis di dalam kamar dengan sabar merakit Gundam-nya, istirahat hanya pada waktu sholat saja, padahal sudah diingatkan di awal “Mas, biasanya orang dewasa merakit Gundam HG ini membutuhkan waktu 2-3 hari, jadi mas Keis ga usah buru-buru ya”  namun Keis penasaran dengan hasil akhir, hingga Full Body terakit membutuhkan waktu 10 jam, dan memutuskan untuk melanjutkan merakit senjata di keesokan harinya.

Gundam Astray Gold Frame - HG
Gundam Astray Gold Frame – HG

Karena saya pasang foto Keis di profile BBM saya, ada seorang teman yang bertanya “Berapa lama Keis merakit sampai selesai” dan seperti penjelasan di atas total Keis merakit keseluruhan sekitar 11 Jam, dan teman saya menyatakan Keis termasuk tangguh dalam merakit Gundam yang merupakan bukan mainan anak Kecil karena biasa dirakit oleh orang dewasa, namun Keis memulai dengan Gundam HG hanya dalam waktu 1 hari saja. (Dhy)

Keis : Ramadhan, Itikaf, Baca Al-Qurán dan Gundam

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *