Awal memutuskan khitan menggunakan metode smart klamp karena dari seluruh review menyatakan positif, aman, tanpa jahitan dan cepat dalam penyembuhan. Mas Keis akhirnya melaksanakan khitan dengan metode smart klamp, pada hari pelaksanaan hingga pulang ke rumah masih sesuai dengan gambaran dan harapan.

Sampai masa paling berat bagi Mas Keis saat efek bius habis, rasa sakit, cenat cenut dan tak karuan, bermodal paracetamol pereda sakit.

Hal ini berlangsung hingga hari ketiga, bekas luka khitan terlihat memerah dan bengkak, terlihat agak putih di bagian bawah, dekat tabung klamp, panik, cari informasi, hubungi nomer telpon klinik khitan tempat mas Keis kehilangan beberapa centimeter kulitnya.

Hasil konsultasi dengan dokter klinik lewat WA, kirim foto tampak depan, samping dan bawah, untuk memberikan gambaran perkembangan dan keluhan luka khitan mas Keis.

Dengan tenang dokter menjawab lewat WA “Insya ALLOH aman pak, kondisi proses penyembuhan luka bagus, bengkak dalam kondisi wajar selama masa penyembuhan”.

Sampai tiba membuka klamp yang sebelumnya disarankan berendam agar lapisan keras penyembuhan luka agak melunak, namun tetap saja saat di buka mas Keis teriak kesakitan sekerasnya.

” Dok koq dibukanya mendadak gitu ?” pak Dokter muda menjawab sambil merapihkan klamp mas Keis “Iya pak, kalo pelan-pelan malah kasian anaknya, sakitnya lama, kalo mendadak sakitnya hanya sebentar, kaget aja”.

Pak dokter lanjut menjelaskan “Pak nanti kalo di sekitar area kepada keluar kulit memerah, kadang melingkar kaya donat, itu gapapa ya pak, itu proses penyembuhan, nanti juga kempes”.

Dan benar saja, hari kedua paska buka klamp, bekas luka mas Keis mulai terbentuk daging nonjol kemerahan seperti yang diingatkan dokter saat itu “Sakit ga mas…?” saya bertanya setelah mengobati luka mas Keis dengan minyak herbal HPAI “Ga sakit bi, tapi geli…”.

Penasaran dengan bentuk “leher dekat kepala” milik mas Keis yang merupakan lokasi garis potong khitan, saya mulai mempelajari sebenernya apa sih jendolan merah melingkar ini.

Banyak sekali artikel tentang proses penyembuhan luka, tapi bahasanya ga membumi, bahasa kedokteran sementara bagi saya kedokteran adalah cita-cita di jaman SD.

Dari artikel-artikel tersebut ternyata proses penyembuhan luka itu terjadi dengan proses alami yang sama, jadi mau sunat pake gunting, pisau, laser atau smart klamp sekalipun pasti akan megalami fase inflamasi atau peradangan, dengan rasa sakit dan terkadang disekeliling luka terasa hangat.

ALLOH maha pencipta yang juga menciptakan sistem pemulihan yang luar biasa ditubuh kita, meskipun fase peradangan ini adalah fase yang paling menyakitkan, namun ternyata di fase ini tubuh berusaha untuk menghentikan pendarahan, membersihkan bakteri dan benda asing dengan keluarnya darah menyebar ke seluruh permukaan luka, dan kemudian pada fase inipun akan mempersiapkan proses penyembuhan dan akan mulai terbentuk sel-sel baru serta pembuluh darah kapiler baru, fase ini berlangsung selamat 3-4 hari, dan siap-siap dampingi lelaki kecil tercinta yang akan mengeluh kesakitan.

Tahap kedua adalah fase proliferasi, aduh nyebutnya aja ribet, ada istilah lain yang rada gampang nyebutnya, fase granulasi, nah jendolan luka berwarna merah mengkilap disekitar leher yang dikhitan terjadi pada fase ini. Daging muda kemerahan itu konon katanya mengandung fibroblasts, sel inflamasi, pembuluh darah yang baru, fibronectin dan hyularonic acid, saya tidak akan jelaskan satu persatu karena saya emang ga paham.

Tapi intinya kandungan tersebut adalah sumber nutrisi dalam proses penyembuhan luka. Dan jendolan yang berwarna merah mengkilap dan lunak adalah indikasi fase ini berjalan aman dan status luka adalah sehat, jadi ga udah khawatir, hanya perlu dijaga kebersihan agar tidak terinfekai bakteri.

Dan tahap terakhir adalah fase remodeling yang merupakan tahap pembentukan kembali luka dan menguatkan struktur bekas luka.

Mudah-mudahan ga bikin bingung, dan mudah-mudahan jadi ga panik kalo bekas luka khitan smart klamp jendol dan berwarna merah. Nanti akan mengering, kempes dan remodeling dengan bentuk yang baru. (Dhy)

Luka Khitan Smart Klamp Memerah

Post navigation


One thought on “Luka Khitan Smart Klamp Memerah

Comments are closed.