Pertama kali berhasil memiliki sepeda Federal yang menjadi idaman sejak saya duduk di bangku SD hal yang terlintas di pikiran saya adalah gimana caranya bikin sepeda ini keliatan keren, gagah dan nyaman di gunakan untuk Bike to Work, karena memang dari awal tujuan berburu sepeda Federal adalah untuk Bike to Work yang analoginya sama dengan ketika saya mengimpikan sepeda Federal untuk digunakan pergi pulang sekolah.

Untuk re-build sepeda Federal saya tidak terlalu kesulitan, karena alhamdulillah sepeda yang saya dapatkan dari seorang penjual yang berdomisili di Malang – Jawa Timur memang dalam kondisi yang sangat baik, seluruh kelengkapan sepeda masih terpasang lengkap dengan bonus slebor stainless steel. Sehingga saya hanya mengganti jari-jari dan rantai yang sudah berkarat, juga tak lupa menambahkan beberapa asesoris yang ada dalam imajinasi saya ketika SD.

Nah, ketika ditanya mau pake ban apa sama koh Hendra di Bengkel Nusa Indah yang terletak di dekat jembatan 1 perumahan Narogong Bekasi saya langsung galau, dibawain beberapa sample ban kevlar ga keliatan bentuk jadinya, karena dilipet-lipet, dan akhirnya saya liat di beberapa unit sepeda full bike dan memilih type ban yang saya suka. Ban yang saya tunjuk memang terlihat besar dengan kembangan yang kasar tapi berukuran kecil-kecil, “Yang ini gagah mas, tapi kembangannya masih ga terlalu kasar, jadi untuk sepeda touring masih OK, ga terlalu berat” kata koh Indra memberikan saran.

Federal – Maxxis Larsen TT

Dan Akhirnya terpasang di sepeda Federal ban Maxxis Larsen TT ukuran 26×2.0 seneng banget karena sepeda terlihat gagah, tetap manis dengan slebor stainless untuk menjaga kesan sebagai sepeda touring klasik. Bawa pulang ke rumah. Weekend nyoba gowes 10 Kilometer, alhasil slebor depan nge-gesrek sama ban, wadduh….

Kembangan Maxxis Larsen TT

Kekerenan memang penting tapi safety lebih utama, setelah berusaha nyeting posisi pengikat ke fork nya tetap ga berhasil, akhirnya memutuskan mencopot slebor depan. Beres sudah tidak ada suara gasrot alias bergesekan lagi di ban depan dan akhirnya bisa dipake bike to work dengan nyaman. Setelah beberapa bulan, gowes sepeda Federal ini koq kerasa berat yah, lalu coba baca-baca forum dan ulasan mengenai cara pemilihan ban, dan di forum tersebut untuk sepeda Federal banyak yang merekomendasikan ban Maxxis Detonator, karena kembangan yang halus sangat cocok digunakan untuk medan on-road atau jalan raya. Sebelum memutuskan saya melakukan survey ke bengkel sepeda langganan, lihat barang aktualnya dan ternyata ukurannya mentok di 26×1.50 duh ga tega sepeda saya dipasang ban yang kecil gitu, meskipun dari teman yang sudah menggunakan ban Detonator ini testimoninya sangat enak digunakan untuk sehari-hari.

Menunda dua pekan, browsing lagi model kembangan ban yang cocok untuk jalan raya, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Maxxis Overdrive II, pertimbangannya tetap mencari ukuran ban yang lebih besar dari Detonator dengan kembangan halus. Meskipun secara harga Overdrive lebih mahal sekitar 50 ribu rupiah, namun saya tetap memutuskan menggunakan ban ini, dengan ukuran 26×1.65 sedikit lebih besar dari Detonator, dan kembangannya juga sedikit lebih tebal dari Detonator.

Federal – Maxxis Overdrive II

Setelah pasang ban di bengkel dekat rumah, selesai langsung gowes, dan hasilnya serrrrrr kerasa enteng banget sepeda Federal ini, friksi ban dengan aspal sangat minim, terasa beda jauh dengan saat menggunakan ban Larsen TT. Setelah menggunakan Bike to Work dengan jarak 30 KM pergi pulang, sangat terasa lebih ringan dan tidak selelah ketika menggunakan Larsen TT, meskipun secara kecepatan rata-rata hanya selisih 1 Kilometer per Jam saja.

Kembangan Maxxis Overdrive II

Sedikit minus dari Maxxis Overdrive dibanding Larsen TT adalah, ketika digunakan untuk track Kalimalang menuju kawasan industri MM2100, dengan medan yang tak sepenuhnya di jalan raya yang halus, ketika menghantam lubang, atau di jalan yang agak rusak, bantingan sepeda akan lebih terasa, dan mudah slip, sehingga jika ketemu jalur yang tidak halus harus hati-hati tidak bisa menerabas sebebas ketikan menggunakan Larsen TT.  (Dhy)

Maxxis Larsen TT vs Overdrive untuk Sepeda Federal

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *