Sepeda tuouring identik dengan banyak tas yang menempel pada sepeda, diantaranya adalah nemploknya sepasang tas pannier di bagian belakang sepeda. Awalnya terlihat hanya sebagai asesoris dan pemanis, namun setelah beberapa bulan mencoba untuk Bike to Work, akhirnya baru ngeh kalo ini memang perlu dibawa karena sebelumnya saya saat gowes ke kantor membawa perlengkapan dengan menggunakan tas gemlok kecil, namun ternyata masih banyak keperluan yang harus dibawa tapi tas gemblok udah penuh, mau bawa ukuran tas yang lebih besar akan mengganggu kenyamanan saat gowes, karena adanya beban yang cukup berat di punggung, peralatan yang belum terbawa salah satunya adalah jas hujan yang merupakan kebutuhan yang sangat penting di musim pancaroba saat ini di Bekasi.

Browsing tas pannier untuk sepeda Federal di beberapa marketplace harga dan bentuknya bervariasi, mulai dari 300 ribe sepasang hingga jutaan rupiah per buahnya, woww. Tas pannier bagus dan mahal udah biasa, yang murah model dan bahannya kurang cocok, akhirnya terlintas dan teringat pada tas tentara yang jaman dulu digunakan oleh tetangga saya yang aktif di Menwa (Resimen Mahasiswa), kayanya bakal antik nih tas pannier pake tas tentara.

Lalu browsing adakah yang sudah menggunakannya, ternyata ada beberapa web yang sudah memberikan tutorial untuk membuat tas pannier model ini, namun saya tidak cukup memahami tutorial di beberapa blog tersebut. Selain itu ternyata ada juga pelapak di sebuah marketplace menawarkan tas model ini, sehingga tidak perlu modif sehingga bisa langsung pasang, dengan harga sekitar 300 ribu rupiah, namun saat saya kontak pelapak yang berlokasi di Bandung ternyata sudah tidak produksi lagi.

Akhirnya saya nekat membeli dua buah tas tentara dari salah satu marketplace dengan harga 110 ribu rupiah per tasnya, sehingga menghabiskan biaya sebesar 220 ribu rupiah untuk sepasang tas yang akan menjadi tas pannier.

Begitu tas datang, saya langsung mencoba memasangkan di sepeda Federal saya, dan hanya mencoba sekitar 30 menit, tanpa tambahan peralatan dan bahan apapun saya sudah berhasil menempatkan satu buah tas tentara di sisi kanan sepeda Federal saya.

Tas Pannier Tentara – Tampak Samping

Setelah itu saya baru paham, kenapa di beberapa blog sebelumnya tutorialnya tidak lengkap, ternyata memang cara membuat tas tentara ini menjadi tas pannier sangat mudah, hal ini karena tas tentara memiliki bentuk kotak dengan ukuran yang sudah pas dengan rangka rak pannier belakang yang biasa digunakan oleh sepeda touring. Selain itu tas tentara juga memiliki banyak tali yang cukup panjang, sehingga dengan mudah bisa libat-libet tali tersebut ke rangka pannier, lalu selipkan lagi di bagian pengunci tali yang juga sudah terdapat pada tas tentara tersebut. Dalam hal ini, tali panjang yang biasa digunakan untuk tas selempang tidak dibutuhkan, jadi kalo mau order tidak usah dengan tali selempangnya, lumayan bisa lebih murah 5-10 ribu rupiah.

Tambahan Cable Tie pada beberapa bagian

Safety adalah yang utama, dalam melibat-libet tali tas tentara harus memperhatikan apakan sisa tali yang digunakan akan masuk ke jari-jari sepeda atau tidak, karena hal ini akan berpotensi membahayakan. Untuk itu saya mengikat beberapa tali yang didak perlu, namun tak sampai memotongny. Dan untuk menambah aman, saya gunakan beberapa insulok (cable tie) untuk membentuk tas tentara ini agak lebih pas dan terlihat ajeg, terutama saat diberikan muatan, karena jika tanpa tambahan cable tie, tas akan menguncup ke depan.

Tas Pannier Tentara – Tampak Belakang

Keuntungan lain tas tentara ini, pada bagian dalamnya sudah seperti ada lapisan karetnya, meskipun tipis sepertinya akan melindungi dari gerimis, namun saya sarankan barang-barang yang dibawa seperti baju ganti atau lainnya dimasukan ke kantong plastik dan diikat baru dimasukan ke dalam tas agar lebih aman.

Bagus mahal itu biasa, tapi bagus dengan biaya murah serta hasil kretifitas sendiri sehingga bukan barang pasaran akan membuat sepeda semakin terlihat seksi, do it your self. (Dhy)

Membuat Tas Pannier Murah untuk Sepeda Federal

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *