Setelah beberapa hari yang lalu saya menulis artikel mengenai masalah yang terjadi pada BV6000 paska upgrade dari Android 6.0 menjadi Android 7.0, ada sahabat pengguna BV6000 yang komentar di tulisan berjudul Android 7.0 di Blackview BV6000 Bermasalah, ternyata bukan hanya saya sendiri yang mengalami masalah pada Launcher3 yang merupakan Launcher bawaan BV6000.

Setelah upgrade ke Android 7.0 pada BV6000 secara bertubi-tubi saya mendapatkan pesan pop-up “application stopped” pada beberapa aplikasi yang sudah saya ceritakan pula di artikel sebelumnya.

Lalu bagaimana caranya keluar dari masalah Launcher3 ini ? secara sepintas saya sudah menyampaikan pula bagaimana solusinya, yaitu dengan cara mengganti Launcher BV6000 dari Launcher3 menjadi Arrow Launcher yang saat ini saya gunakan dan merasa cukup puas dibanding dengan Google Now Launcher yang juga sudah saya coba.

PR pertama untuk mengganti Launcher adalah bagaimana caranya kita bisa keluar dari derita Pop-Up Message Launcher3  Stopped, yang saya lakukan adalah bersabar nge-klik “close app” lalu berusaha meng-klik icon Google Playstore, hasilnya tidak berhasil lalu coba masuk ke dalam recovery mode, berikut langkah yang saya lakukan untuk masuk ke recovery mode yang saya dapatkan dari www.hardreset.info :

  1. Matikan power BV6000 dengan cara biasa (pencet tombol power)
  2. Tekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan selama kurang lebih 5 detik
  3. Lepas tombol ketika sudah terlihat Menu Android Menu Recovery
Menu Recovery Mode

Berdasarkan info yang saya baca, recovery mode ini digunakan jika terjadi masalah dengan software atau firmware dari sebuah handphone, nah ajaibnya saat saya melakukan hal di atas, yang keluar adalah menu dalam bahasa China dengan tulisan kanji, Moddar… gw kaga ngarti dah… Dengan melihat halaman www.hardreset.info saya bandingkan posisi pilihan menunya, dan ternyata beda, duarrr 🙁

Akhirnya dengan nekat saya pencet tombol power agak lama untuk mematikan BV6000 secara paksa dan keluar dari menu recovery, Alhamdulillah berhasil keluar dari mode recovery dan bisa masuk ke tampilan BV6000 dengan masih menggunakan Launcher3. Mumpung belum keluar pesan pop-up, saya langsung klik Google Playstore dan langkah yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Browse Arrow Launcher di Google Playstore
  2. Pilih Arrow Launcher keluaran Microsoft Corporation
  3. Klik Install
  4. Selesai Install akan keluar pilihan “Complete Action Using”
  5. Pilih Arrow Launcher
  6. Klik “Always”
Arrow Launcher di Playstore

 

Klik Always

Alhasil BV6000 saya bisa beroperasi kembali, meskipun pesan pop-up masih terus keluar untuk beberapa aplikasi, namun minimal bukan pesan pop-up “Launcher3 Stopped” karena pesan pop-up inilah yang paling bikin repot, karena kalo udah keluar pesan ini BV6000 tidak dapat digunakan, karena Launcher adalah aplikasi utama yang menjadi perantara antara system pada Android dengan penggunanya, atau bahasa kerennya User Interface.
Salah satu kemudahan Arrow Launcher adalah kita bisa dengan mudah melakukan setting ulang default Launcher yang akan kita gunakan, ya kali aja Launcher3 nya udah sehat. Langkahnya sebagai berikut :

Sapu ke atas tanda strip dibatas titik 6

 

Klik tanda Setting

 

Pilih Launcher yang diinginkan lalu klik Always

Sampai dengan saya menuliskan artikel ini kondisi Launcher3 bawaan BV6000 masih error dan belum ada perbaikan ataupun update. Uniknya Launcher3 ini tidak ada di Google Playstore ketika mau cek apakah ada update atau tidak.

Launcher3 tak ditemukan di Playstore

Saya tidak menjamin apa yang saya tuliskan di sini akan dialami dengan sama persis, minimal saya sudah memberikan beberapa gambaran masalah dan kemungkinan berhasil, selamat mencoba dan selamat menikmati sensasi ponsel tanpa garansi. (Dhy)

Mengganti Launcher BV6000 – Error Android 7.0

Post navigation


8 thoughts on “Mengganti Launcher BV6000 – Error Android 7.0

  1. nuhun kang. artikelnya sangat membantu. asbab artikel nte, BV6000 ane bisa jalan lagi walaupun ane kudu adaptasi sama Arrow Launcher. nuhun pisan ya kang…

  2. Assalamu’alaikum Mas Adhy

    sebelumnya salam kenal

    bv6000 saya tombol volume up nya tidak berfungsi suka up sendiri, lalu saya lakukan restart namun malah jadi “no commend” terus

    saya binggung harus kemana, service center bv6000 di jakarta belum ada, mohon masukannya.

    terima kasih

    1. Wa’alaykumsalam wrohmatulloh Mas Irmansyah,

      Saya belum tau pasti penyebabnya, tapi bisa coba buka baut di sisi volume dengan kunci bintang yang cocok, mudah-mudahan hanya masalah mekanik, mungkin posisi tombolnya ga pas.

      Untuk service center setau saya belum ada di Indonesia, bisa coba Tanya ke forum resmi Blackview aja Mas.

      Mohon maaf jika saya belum bisa memberikan solusi secara detail.

      Salam

  3. Mas broo tanya donk buat munculin notifikasi bbm,wa dll itu gmna yaa???karna tiap 5 detik sehabis tombol terkunci pasti harus buka ulang aplikasinya buat liat pesan masuk…mohon bantuanya!!!

  4. mas bro, minta petujuknya, HP bv saya ini kok ngak bisa conek bbm ataupun what up ya kalau posisi ke lock, mohon petujuknya pak bro

    1. Mohon maaf untuk problem satu ini saya dan beberapa teman yg menggunakan BV juga mengalami hal yg sama setelah upgrade ke Android 7.0, kalo ada info akan saya tulis lagi….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *