Hampir 2 bulan menjadi pengguna ponsel Blackview BV6000, dengan segala kesan dan kepuasan sebagai pengguna. Sebelumnya saya menggunakan ponsel LG Nexus 5 yang merupakan ponsel keluaran Google, dan hingga saat ini dari beberapa kali gonta ganti ponsel, LG Nexus 5 tetap berada di urutan pertama tingkat kepuasan diri saya pribadi.

Awal ketertarikan saya sama ponsel yang satu ini adalah sebuah ketidak sengajaan hingga naksir berat dengan brand dan type ponsel ini, di awali ponsel saya sebelumnya yang sudah mulai ngadat, sinyal sudah mulai hilang, namun koneksi WiFi masih kenceng, akhirnya hampir lebih 4 bulan saya hanya mengandalkan koneksi WiFi dan sebuah musibah jika harus bekomunikasi lewat voice call. Betapa tidak, Nexus 5 yang saya miliki mejadi teman hidup yang luar biasa, mulai dari jatuh dari kantong lalu tenggelam di dalam banjir saat Bekasi dilanda banjir, power off, keringin lalu hidup lagi. Tak cukup di situ Nexus 5 pun masih jadi korban ditenggelamkan di tambak udang dan bandeng ketika saya ikut nyebur panen bandeng, terendam dalam keadaan power ON hampir lebih dari setengah jam, power off, tiup kompressor, jemur di bawah lampu halogen 3 hari, dan tadaaa hidup kembali.

Sungguh ponsel yang tahan banting, sampai pada awal tahun 2016 saya menjatuhkan Nexus 5 di kantong baju saat saya berdiri dan akhirnya garis sinyal hilang seketika, sempat di bongkar dan perbaiki kabel optik sendiri, sempat nyala dan keluar sinyal, hingga beberapa bulan kemudian Nexus 5 pun nyerah, sinyal tak lagi keluar sama sekali.

Berdasarkan pengalaman ini, saya memilih Blackview BV6000 bukan karena hobi olahraga outdoor atau olahraga ekstrem, tapi alasan utama adalah karena saya termasuk orang yang semberono dalam menggunakan ponsel, dan juga untuk mengakomodir hobi anak saya yang suka melempar barang. Sehingga saya memutuskan untuk mencari pengganti Nexus dengan spesifikasi ponsel tahan banting dan tahan air.

Sebelum diracunin sama temen dengan ulasan video di youtube oleh teman, saya sempat naksir berat dengan ponsel outdoor besutan Caterpillar yang mengusung varian Cat Phone S50 dan S40, dengan rentang harga antara 5-7 juta Rupiah, namun setelah dilihat ternyata meskipun sama-sama sertifikasi IP-68 namun dari segi spesifikasi perangkat Android, Blackview BV6000 menang banyak, mulai dari resolusi layar di angka 720×1280 pixel yang ini sangat penting bagi saya untuk hobi saya ngulik foto dan video. Selain itu memory dan RAM pun BV6000 masih leading, belum lagi kamera, prosesor dan OS Android 6.0 yang sudah tertanam di tubuh BV6000. Akhirnya diputuskan beli Blackview BV6000 dengan harga hampir setengah dari harga Cat Phone.

Setelah browsing di semua online shop, hampir semua penjual menawarkan pre-order dengan masa delivery 25 hari kerja, karena BV6000 tidak masuk secara resmi ke Indonesia, sehingga para penjual adalah pemain barang-barang Import yang masuk langsung dari China maupun lewat Singapore via Batam. Namun karena ada resiko uang sudah di endapkan di rekber dalam masa hampir sebulan, merusak cash flow dan juga ada resiko. Dan akhirnya namanya jodoh ga kemana, ternyata ada teman yang menawarkan jasa pembelian ponsel import, meskipun harga lebih mahal 200 ribu dari harga terburah di online shop, akhirnya saya memutuskan menggunakan jasa pak Valentony Rosy untuk transaksi dari China yang ia enggan menyebutkan link import nya.

Boss Valentony - Importir Ponsel
Boss Valentony – Importir Ponsel

Ternyata delivery lebih cepat dari 25 hari, hanya membutuhkan waktu 2 pekan saja, dan akhirnya COD (cash on delivery) dengan boss Tony di masjid Al-Azhar kalimalang Bekasi, transaksi di luar masjid biar tetap syar’i. Maklum pak Tony adalah salah satu anggota dewan syariah remaja masjid di lingkungan nya.

Tampak Belakang - BV6000
Tampak Belakang – BV6000

First impression melihat ponsel ini sangat menakjubkan, tampilan yang sangat kekar, dominasi warna hitam dengan garis kuning cerah membuat ponsel ini gagah dan tetap terlihat anggun. Setelah beberapa bulan menggunakan ponsel ini sangat puas karena tidak ada kendala yang saya alami selama pemakaian, daya tahan baterai kuat hingga 2 hari 2 malam dengan penggunaan normal, Launcher yang sangat sederhana tidak berbeda jauh dengan ponsel saya sebelumnya membuat tidak mengalami kebingungan dalam penggunaan, anti banting meskipun hanya terbanting normal dari ketinggian kurang dari satu meter, untuk simulasi saat ponsel saya terjatuh dari kantong, hujan rintik dan lembab tidak masalah (dengan seal terpasang pada sisi jack audio dan konektor USB), pas digenggaman, konstruksi yang rigid, update system datang berkala, kecerahan layar yang sedap di mata sehingga bisa menikmati foto hasil jepretan dan video hasil shooting sendiri.

Seal Waterproof - BV6000
Seal Waterproof – BV6000

Ponsel ini memiliki beberapa kelemahan, kamera dengan resoulusi 13 MP pada sisi belakang, sejauh penggunaan selama ini termasuk ponsel yang biasa saja, namun tetap memiliki kelebihan dalam feature kamera macro, sehingga bisa mengambil detail foto dari jarak yang sangat dekat (2-3 cm dari objek). Selain dari sisi kamera, minus dari BV6000 adalah jika feature GPS dinyalakan secara terus menerus akan menyebabkan ponsel terasa hangat, selain itu saat melakukan panggilan telepon sering kali kuping menyentuh monitor dan mengaktifkan fungsi Aeroplane Mode sehingga panggilan telpon akan terputus mendadak.

Kesimpulan dari semua catatan tetang BV6000 saya sangat merekomendasikan ponsel outdoor yang satu ini, dengan perbandingan cost to value yang sangat worth it. (Dhy)

Outdoor Android Phone Blackview BV6000

Post navigation


38 thoughts on “Outdoor Android Phone Blackview BV6000

  1. mas, gimana kondisi BV6000-nya sekarang?

    Apakah BV6000 ini ada sistem otentikasinya untuk membuktikan barang original asli atau tidak?

    saya lihat2 review pengalaman yg sudah beli, saya baca ada juga pembeli yg tidak puas, karena HP ini tidak sedahsyat video promonya di youtube yg bisa tahan di bor, digilas mobil, dibanting, dimasukan air dan freezer…

    apa mungkin pembeli yang tidak puas itu karena membeli barang palsu?

    ataukah kualitas barang aslinya pun memang tidak sedahsyat video promonya yah…?

    saya juga minat ingin beli HP ini, tapi saya masih ragu dengan sistem garansi dan servisnya, karena di Indonesia tidak ada authorized dealernya juga…

    mohon share pengalamannya lagi mas… sebagai preferensi untuk saya…

    saya butuh HP android yg tahan banting untuk Grab Bike, karena akan dipasang di stang motor…
    selama ini saya pakai HP Microsoft Lumia 640xL dan karena OSnya bukan android, sehingga HP saya ini tidak ada aplikasi grab bike…

    terimakasih

    1. Terima kasih mas Radi yang sudah menyempatkan mampir ke blog saya, Alhamdulillah kondisi BV6000 saya sampai saat ini sehat wal afiat, akan saya coba share apa yang sudah saya alami selama menggunakan HP ini :
      – Saya tidak termasuk pada pengguna ekstrim sehingga saya belum pernah mencoba kondisi-kondisi yang seperti mas Radi sebutkan, kondisi yang pernah saya coba sekedar kena hujan, dan tes banting/lempar dari ketinggian normal orang berdiri, Alhamdulillah hasilnya HP masih bisa bekerja dengan baik.

      – Ada teman saya pengguna BV5000 yang mencoba lebih ekstrim, saat ia memukul dengan martil pada area tengah HP masih kondisi normal, namun ketika teman saya memukul BV5000 dengan martil di area pinggir, kaca LCD nya retak dan akhirnya mengganti LCD seharga sekitar 700rb rupiah, sayangnya saya tidak cukup ekstrem melakukan hal ini, karena tujuan saya adalah bisa tahan saat kecebur banjir, dan kuat dibanting oleh anak saya.

      – Untuk masalah garansi memang tak ada garansi, sehingga saat membeli HP ini saya sudah sangat siap jika rusak langsung harus membuangnya, karena ada pengalaman teman saya juga yang hobi koleksi HP outdoor namun berbeda merk, mengalami crash OS dan tak ada satupun counter service HP di wilayah Bekasi yang mampu melakukan root dan install ulang OS nya

      – Untuk masalah original atau tiruan, saya juga tidak bisa komentar banyak, karena HP ini memang buatan China, sehingga saya ga kebayang kalo KW nya buatan China seperti apa kualitasnya

      Kesimpulan akhir, untuk penggunaan normal dan kondisi normal (banting dan basah) BV6000 masih bisa dibilang worth it, hanya untuk kondisi banding ekstrem atau semacamnya saya tidak bisa berkomentar. Dan kelemahan yang sangat saya rasakan adalah, jika setting kecerahan LCD lebih dari setengah, GPS aktif, dan WiFi aktif, maka HP ini akan terasa panas. Semoga membantu. Salam

      1. Assalamualaiium mas rudi, saya jga pngguna bv6000, dan sejauh ini saya cukup puas dng spek dan ktangguhan hp ini, tpi bv6000 saya sudah bermasalah dr pertama kali beli, masalah itu si cuma pada tombo kamera yg agak longgar sehingga tpi itu mengganggu knyaman wkwk, nah kalo buat ganti spare part bv6000 atau belinya itu dimana ya ?

        Terima kasih

        1. Mohon maaf, untuk spare part saya belum tau penjualnya, tapi coba saja di bongkar menggunakan obeng bintang, cari ukuran yang pas, mungkin masih bisa di betulkan posisi tombol kameranya, kemarin saya sempat membongkar BV6000 saya penasaran sama dalamemannya, akan saya tulis di artikel berikutnya tentang BV6000

  2. review yang bagus. saya juga pengguna blackview bv6000. sekarang sdh up-grade menjadi android 7.0 dan menjadi lebih “kekinian” tentunya hehe..
    saya cuman mau tambah satu review saja. Jangan menjadikan cashing bagian belakang bawah sebagai gantungan seperti umunnya HP Out Door Lainnya karena ternyata mudah patah hanya dengan beban HP itu sendiri. Lainnya secara fisik tidak ada masalah..

    ,,V,
    PISS

  3. Cara upgradeny gmn mas…saya sudah klik pembaruan nirkabel…tp masih blm ada pembaharuan….mohon pencerahanny maa…terima kasih

  4. assalamualaikum.
    maaf ikut nimbrung mas, saya kbetulan jg berminat sama bv6000 nya dan berencana untuk beli online via tokopedia.
    tp masih agak ragu dengan performa nya.
    baik itu kamera dan lain2nya.
    tp pada dasarnya saya butuh smartphone tangguh untuk mengakomodir saya yg ceroboh dan kondisi fisik saya yg agak lain. (tangan suka tremor).
    apakah hp nya masih sehat setelah update ke android 7.0
    dan apakah daya tahan batre sesuai kapasitas nya.
    dan apa pendapat mas tentang hp itu yg bisa meyakinkan saya untuk membeli nya? .
    makasih mas…
    wasalam..

    1. Wa’alaykumsalam, saya coba jawab satu per satu ya mas..
      1. Untuk Kamera recomended banget, hasilnya bagus, tajam, cuma kadang agak lambat dalam auto focus, selain itu kelemahan nya adalah setting saturasi yang agak over =, sehingga jadi over saturated, kesimpulan untuk kamera : Recomended
      2. Untuk mengakomodir kondisi yang ceroboh, BV6000 bisa mengakomodir itu, untuk kondisi jatuh, air, udah bagus banget
      3. Paska update ke Android 7.0 BV6000 masih bermasalah, sering crash di beberapa aplikasi, termasuk google play. Baca selengkapanya di sini : Android 7.0 di Blackview BV6000 Bermasalah
      4. Daya tahan Batre bagi saya cukup, dengan pemakaian aktif, charge malam hari, seharian cukup dan tidak perlu charge, charge lagi malam harinya

      Untuk kesimpulan akhir, silahkan mas memutuskan sendiri dengan fakto minus dan plus nya.

  5. ok langsung saya pesan hari ini mas.
    terimakasih banyak atas jwban nya,
    amat sangat membantu sekali.
    somoga hp nya awet..
    selamat siang dan di tunggu tulisan – tulisan yg lain nya.

  6. Sy jg pengguna bv6000. Saat ini hp bv sy lg trouble, hp sy tiba2 tidak bisa dicas, ktika sy mencolok kbel charger ke hp, gak ada respon apa2. Posisi OS sdh android N. Mohon solusi.thanks.

    1. Kemarin setelah update Android N, BV6000 saya juga sempet ga respon, tapi saya ga sempat coba Charge, tapi saya langsung coba masuk ke Recovery Mode, bingung keluar bahasa China, saya reboot, Alhamdulillah bisa lagi

  7. aduh saya kena sial.
    hp saya tiba gak denger suara lawan bicara saat menelpon.
    padahal ssbelum nya byasa2 saja.. tapi saat saya restar normal kembali dan tdak beberapa lama kumat lg..
    entah knapa.
    posisi d android N.
    kmungkinan akan saya retur ganti barang baru..

    apa ada solusi lain?

  8. Saya sedang mencoba beberapa cara.
    Barusan saya factory reset dan semuanya jd normal kembali.
    Tp kalo dlm waktu 2 hari kumat lg.
    Terpaksa saya teturn.
    Makasih mas adhy masukan nya.
    Saya jg sekalian berbagi pengalaman dengan pengguna yg lain..

  9. setau saya itu bug system di android N, saya tau dr chanel ahp.project di youtube yg bilang bv6000 aN ada bug sytem kaya yg mas angga alamin, tepatnya bug dtng tiap abis di cas, dan sementara cara ngobatinya di restrat
    tpi sih buat mastiin kalo itu bug system mnding return baru aja, kalo misal return baru masih sama brarti bneran bug system
    saya malah ngalemin masalah kamera, kamera blakangnya ga work dan kamera dapanya kebalik, semua cara yg ane bisa sudah ku lakukan dr mulai factory reset, hard reset, sampe flash firmware versi lain, namun masalah ini tak kunjung teratasi -_- hingga sampai akhirnya ku mengembalikan bv6000 itu kpd seller untuk tukar unit (bahasa sinetron yg dramatis)

  10. Permisi om semua… gua baru sebulan ini pake BV6000.. tapi kenapa LCD gua udah lembab om..?? kameranya juga depan belakang ada embun om.. padahal cuman jatuh di baskom trus langsung angkat… dalam kondisi tmpat usb sama headphone tertutup rapat… kira2 airnya masuk lewat mana yah..?? :/ walhasil sekarang tochscreennya bermasalah.. gerak sendiri nindis sendiri.. dan sebagian layar ngga work klo disentuh :'( ada yang bisa kasih saran ngga om…?? kira2 kalo di flash ulang bisa work normal balik apa emang sudah rusak hardwarenya..??

    1. Hallo Mas Syaiful, terima kasih sudah berkunjung ke JemariKeis.com

      Saya coba memberikan jawaban, dari hasil saya bongkar-bongkar casing BV6000 jika memang masih ada air yang masuk kemungkinan besar masalahnya ada pada O-Ring atau cincin karet pelindung di sisi kiri dan kanan yang melindungin 6 lubang baut bintang yang ada di sisi kiri kanan BV6000.

      Untuk lebih memberikan gambaran lebih lengkap tentang sistem proteksi BV6000 terhadap air bisa lihat artikel :

      http://jemarikeis.com/bongkar-casing-ip-68-blackview-bv6000/

  11. mas adhy n para user bv6000, saya mau tanya apakah bv6000 bisa di instal aplikasi grab bike n bisa digunakan tanpa terkendala? saya mau beli bv6000 tapi saya liat kebanyakan comment troubleshoot bv6000, apakah recomended apabila saya beli bv6000 untuk saya pakai buat ojek online? atau ada recomen lain yang sudah IP68? (butuh gadget yg tahan banting n tahan air)
    mohon pencerahannya…

    1. Selamat pagi mas Arif, terima kasih sudah berkunjung ke JemariKeis.com
      pada dasarnya BV6000 bisa di install semua aplikasi yang berbasih Android dan yang tersedia di Playstore, BV6000 banyak mengalami kendala dan Error ketika setelah di upgrade menjadi Android 7.0 sebelumnya semua aplikasi dapat berjalan lancar.

      UNtuk alternatif lain Handphone AndroID IP68 cukup banyak di pasaran, mulai dari Landroves, Caterpillar, AGM, sampai yang Sonim. NAmun ketika itu saya memutuskan memberli BV6000 karena untuk kelas harga dibawah 3 juta, yang memiliki resolusi monitor hingga 720×1080 pixel jatuh pada BV6000 karena kebutuhan saya adalah untuk melihat foto dan video. Silahkan mas Arif memutuskan sesuai dengan kebutuhan, untuk kebutuhan tahan banting dan tahan air dengan spec IP68 insya ALLOH sudah sangat mumpuni.

  12. ane kemaren mau beli yg bb6000 eh liat bv7000 pro..tipis dan lebih berat…klo layar dilindes kyanya engga recomended dah krn sperpatenya mahal klo pecah alias gagal mas…emang sih di ytube kuat..engga tau produksi masalnya..klo jatuh dan kecebur air insya allah kuat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *