Pak Kardin, ayah dari 7 orang anak yang pada bulan Juli genap berusia 70 tahun ini bertinggi badan sedang dan berparas tegap, di usianya yang tak lagi muda, pria yang selalu menggunakan peci ini terlihat sangat segar dan sangat sehat. Pak Kardin bapak yang memiliki suara berdialek khas Sumatera Barat ini adalah seorang pengusaha di bidang duplikasi segala macam kunci ejak tahun 1984, sebuah profesi yang tidak semua orang mampu melakukannya.
Dulu awalnya saya usaha duplikat kunci ndak pake mesin kaya gini, saya kerjakan manual pake kikir tangan” cerita pak Kardin dalam merintis usahanya saat itu di kota Padang. Pak Kardin mulai merantau dari Kota Padang ke Bekasi pada tahun 1994, berbekal keahliannya menduplikasi kunci, baru sekitar awal tahun 2000-an barulah pak Kardin membeli sebuah mesin duplikat kunci.

Saya sering dimintain tolong, orang yang bikin kunci di tempat lain, tapi ga cocok saat dicoba ke pintu atau ke gembok, akhirnya saya yang beresin” inilah kelebihan pak Kardin dengan mesin yang dimiliki serta tentu keahlian yang sudah terasah selama 23 tahun. Teringat saat kunjungan ke Jepang, saya sering menjumpai beberapa senior yang menekuni satu bidang pekerjaan hingga ia berusia lanjut, sabar dan tekun di satu bidang pekerjaan.

Mesin duplikat kunci pak Kardin yang digunakan saat ini dengan harga beli sekitar 8 juta Rupiah merupakan mesin milik pak Kardin ke-8 sejak ia membeli mesin di awal tahun 2000-an, namun uniknya mesin-mesin yang lama bukan ia jual atau buang karena rusak, namun mesin-mesin terdahulu ia jual kepada anak-anak didiknya menjadi modal mereka usaha duplikat kunci.

Total sekitar ada 32 anak didik saya yang sudah menjalankan usaha duplikat kunci ini, saya ajarkan dari awal, sampai akhirnya mereka bisa buka usaha sendiri, daripada mereka nganggur, saya tawarin mereka untuk belajar sama saya” semoga pak Kardin yang saat ini juga menjalankan usaha toko kelontong di jalan Nusantara Perumnas 3 Bekasi selalu sehat dan kehidupannya terlinpah berkah karena kedermawannya dalam berbagi ilmu kepada generasi muda. (Dhy)

Pak Kardin : Usaha Duplikat Kunci Sejak 1984

Post navigation