Kuat Budianto kini banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di Bekasi dan sesekali pergi ke Purwokerto untuk memonitor kondisi kamar-kamar kos yang ia sewakan kepada mahasiswa Universitas Soedirman, selain usaha kos-kosan Pak Kuat juga sempat menjadi distributor benang wool yang dipasok ke beberapa produsen kaos kaki di wilayah Bekasi Utara, namun karena prospek usaha kos-kosan lebih cerah, kini Pak Kuat lebih fokus mengucurkan modal yang ia miliki untuk pengembangan usaha kos-kosan miliknya di Purwokerto.

Pak Kuat begitu beliau akrab dipanggil, sebelum pensiun ia bekerja di sebuah perusahaan otomotif yang memproduksi sepeda motor, ia bekerja di sana cukup lama sekitar lebih dari 30 tahun, sehingga detail proses pembuatan motor sangat ia kuasai, khususnya pada proses pembuatan mesin sepeda motor atau dikenal dengan proses Die Casting.

Saat masih aktif pekerja, Pak Kuat terkenal sangat detail dalam semua hal, beliau selalu turun ke lapangan mengikuti proses pembuatan die casting dies dari mulai awal proses manufactur hingga proses trial inject untuk menghasilkan part casting yang selanjutnya masuk ke proses pengukuran menggunakan CMM (Coordinate Measuring Machine). Tak hanya itu saja, Pak Kuat juga mengikuti hingga ke proses selanjutnya di line machining, ia melakukan hal ini untuk mengetahui fungsi setiap profil dalam sebuah part casting, sehingga jika terjadi masalah terkait kualitas baik dimensi maupun koordinat ia paham betul pengaruhnya secara fungsi dan ia paham betul strategi yang akan diambil untuk memecahkan masalah tersebut.

Menerjemahkan permasalahan di part casting ke dimensional dan koordinat pada die casting dies bukanlah perkara mudah, dan di sinilah kompetensi Pak Kuat, ia menganalisa dengan hati dan logika, ia mampu menerjemahkan dengan bahasa sederhana agar masalah bisa disampaikan dengan baik kepada rekan kerja di bagian terkait untuk melakukan perbaikan dan penjaminan kualitas.

Di dalam saku baju Pak Kuat selalu terselip sebuah buku kecil berwarna hitam, ini adalah buku sakti Pak Kuat, ketika saya lihat isi buku tersebut, terlihat tulisan bertinta biru yang terlihat sangat rapih, gaya tulisan khas pendidikan era tahun 50-an yang mengingatkan saya kepada gaya tulisan almarhum Mbah Kung nya Keis. Buku tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, yang saya ingat ada bagian yang mencatat progress manufacturing die casting, progress prosedur pengecekan kualitas dari mulai CMM sampai Dyno Test, catatan permasalahan part per part dari tiap die casting dies dan tak ketinggalan catatan agenda meeting serta selipan kertas-kertas notulen meeting yang dilipat dengan rapih tak kalah rapih dengan lipatan advisor jepang.

20160506-IMG_0318

Pak Kuat dengan senyum yang khas, Pak Kuat dengan senyum yang ramah, Pak Kuat dengan senyum yang hangat,  sehat terus ya Pak Kuat agar bisa terus berkarya untuk keluarga dan bangsa Indonesia. (Dhy)

 

Pak Kuat Budianto – Die Casting Quality Expert

Post navigation


16 thoughts on “Pak Kuat Budianto – Die Casting Quality Expert

  1. Ke”kuat”an nya pak Kuat…..detail..speak by data….buku sakti…..base on customer.GBU pak Kuat Budianto.

    ……@pak Adhy : ditunggu ulasan terkait”kopi hitam”.

  2. mantab om Adhy,, di kategori Langkah Kaki ini ada baiknya ada kelanjutan dari beberapa postingan.. melihat dari judul kategorinya

    sukses dan sehat terus om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *