Kisah perburuan sepeda Federal alhamdulillah akhirnya membuahkan hasil, setelah hampir lebih dari satu bulan mata lirik sana lirik sini, nguntit kakek yang sedang gowes sepeda Federal, nyamperin rumah kontrakan orang di sekitar Bekasi dan terakhir ketemu bang Saka pemilik bengkel di Jalan Hasibuan Bekasi yang mencintai sepenuh hati sepeda Federal nya hingga tak mau untuk melepas kepada saya.

Akhirnya perburuan berkembang ke online shop dan minta bantuan kang Deden yang terlebih dulu mancal sepeda Federal yang sudah ia miliki sejak Sekolah Dasar, dan akhirnya ada rekomendasi seorang penjual sepeda tua dari  Fans Page Sepeda Vintage Retro Classic Indonesia, setelah menganalisa kondisi barang via foto, melihat rekam jejak penjual akhirnya memutuskan untuk membeli Full Bike Sepeda Federal edisi Rock Blazer berwarna hijau.

Mananti kedatangan sepeda Federal dari Malang Jawa Timur, akhirnya kiriman tiba tanggal 6 September 2016, sepeda dibalut dengan kardus-kardus bekas untuk menghindari lecet saat pengiriman, setelah dibuka ternyata ada bonus berupa slebor chrome yang akan menambah kesan klasik.

Packing pengiriman dari Malang
Packing pengiriman dari Malang

Melihat bagian demi bagian sepeda tua ini, takjub menyelimuti karena ini adalah sepeda idaman saya ketika duduk di bangku SD, tidak mampu untuk beli sepeda ini di masa nya, dan baru sekitar hampir 30 tahun keinginan ini terwujud.

1477986478332
Tampak samping cat dan decal

Kesan awal terlihat beberapa part yang memang harus diganti terutama ban yang sudah terlihat retak-retak, namun Alhamdulillah cat masih terlihat mulus, demikian pula dengan decal, meski pada sisi kanan decal terlihat lecet pada huruf A, karena memang dari awal komitmen tidak akan melakukan cat ulang (repaint) apapun kondisi Federal yang di dapat, paling banter akan di lapis cat vernish saja sehingga kesan aslinya masih terasa. Selain itu konsisi velk Alumunium dengan merk Araya masih sempurna kondisinya, ditambah grup set yang terlihat masih dalam kondisi prima, menambah semangat dan gairah untuk segera menggunakan sepeda Federal ini.

Ban belakang, RD dan cassete

jari-jari sudah nampak usang dan berkarat, sampai mbah uti komen saat saya melakukan sesi foto “Kirain mah sepeda baru, ga tau nya sepeda butut“. Saya pun tersenyum dan melanjutkan sesi foto sepeda Federal yang berwarna hijau ini.

1477986450565
Ban depan, crank dan velg Araya

Setelah melihat kondisi dan melakukan prediksi part apa saja yang akan dilakukan penggantian, dan part part mana yang akan saya tahan dalam kondisi original, saya langsung kontak ke Kang Hendra, pemilik toko sepeda di wilayah perumahan Narogong untuk bikin janji proses Reborn sepeda tua ini.

Kang Hendra - Belanja
Kang Hendra – Belanja

Inilah momen-momen kritikal dalam pemilihan merk dan type part-part baru yang akan dipasang di sepeda tua yang saya bawa ke bengkel kang Hendra ini, dan yang paling kritikal adalah kondisi dompet, karena kalo ngikutin hawa nafsu maka dijamin dompet akan robek dan bolong berkeping-keping, apalagi kalo udah ada kata ajaib “tanggung” atau dua kata “selisih dikit“.

Proses reborn
Proses reborn

Karena ga sabar pengen cepet ngontel, dan ternyata kang Hendra sibuk, dari 3 hari rawat inap yang dijadwalkan ternyata prediksi meleset, butuh tambahan 2 hari untuk menyelesaikan perakitan sepeda berwarna hijau ini. Dan inilah hasil nya, Federal Rock Blazer reborn.

Tampak samping
Tampak samping

Berusaha melakukan peremajaan tanpa melunturkan kesan klasik dan rasa kenangan yang pernah ada, juga angan-angan yang belum tercapai selama hampir 30 tahun.

Tampak belakang
Tampak belakang

Boncengan depan belakang, spakbor depan belakang, velg alumunium bawaan, membawa ingatan ke era tahun 90-an ketika saya hanya bisa melihat temen-teman berangkat sekolah dengan membawa sepeda mahal pada zamannya.

Ban belakang
Ban belakang

Kecepatan bukanlah tujuan tapi ini adalah masalah membangkitkan kenangan indah di masa lalu, dan tentu kesehatan yang harus terus di jaga seiring bertambahnya usia dan lahirnya kenangan-kenangan baru di masa yang akan datang. (Dhy)

Pertemuan dengan Sepeda Federal Idaman

Post navigation


15 thoughts on “Pertemuan dengan Sepeda Federal Idaman

  1. Kondisinya masi bagus banget decal n catnya…. Serius dapetnya dari Malang Om??padahal saya jg dari Malang n udah ngubek2 malang utk cari federal..

    Berarti bejonya situ yg dapet duluan… Congrats… Nice restoration… *thumbs up* Heheheheh

  2. Bagus banget sepedanya Om, jadi sekeren itu. Finishingnya pakai apa sampai bisa sekinclong itu Om sama kira-kira habis berapa itu? Saya juga lagi nyari Federal, jaman kecil dibeliinnya wimcycle sih, hehe

    1. Painting nya saya tidak lakukan apa-apa mas, masih full original memang kondisinya saat saya beli masih terawat. Untuk modifikasi bisa menyesuaikan budget tersdia aja mas, bisa main ke bengkel sepeda trus minta estimasi biaya nya aja dulu, tapi saran saya ketika ke bengkel kita sudah tau mau ganti atau tambah part apa, sehingga secara budget bisa terkontrol, kalo belum ada planning biasanya akan kalap mas 🙂

      1. Ini mau ambil Federal cuma ada beberapa berkarat, dan cat mengelupas, apa pakai cat vernish aja cukup ya? Iya gitu Om, saya kalau sepeda sering kalap, soalnya begitu liat part a, b, jadi pengen, gak ada perencanaan hehe,

          1. Sayangnya barusan dapat kabar keduluan orang, udah dipinang duluan. Haha, berburu lagi deh ini ceritanya Om

  3. Weh keren.. Minta cantumin abis berapa untuk nge rebuild bang.. Hehe sebagai gambaran para pemula seperti saya

    1. Sesuai kebutuhan saja Mas, karena saya juga hanya mengganti sebagian kecil part nya, banyaknya tambahan assesoris saja.

      Untuk perkiraan harga, saran saya sebelum ke bengkel ditentukan dulu part mana yang perlu diganti, lalu cek harga dulu ke beberapa market place di Internet biar bisa efisien dan tidak kalap 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *