Kamis 3 November 2016 menjadi hari yang special bagi 2700 konsumen All New Honda CBR 250RR yang Sudah melakukan pre-order sejak bulan Juli 2016. Bertempat di Pabrik AHM area karawang All New Honda 250RR di produksi, mulai dari pukul 9 pagi tamu undangan sudah mulai berkumpul, ada diantara undangan para jurnalis dan blogger serta tamu spesial adalah 60 konsumen pertama yang melakukan pre-order dan rela indent motor All New Honda CBR 250RR.

Dalam sambutan Presiden Direktur PT. Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma menyampaikan, bahwa All New CBR 250RR ini merupakan sebuah joint development project antara engineer Honda Jepang dengan para engineer Astra Honda Motor Indonesia, motor ini baru pertama kali dibuat di dunia dan kali ini Indonesia dipercaya menjadi area tempat dilakukan pengembangan motor tersebut.

Pengembangan bersama dilakukan mulai dari perencanaan desain produk, pembuatan cetakan hingga proses produksi, sehingga All New CBR 250RR ini bisa dikatakan adalah produk global hasil karya putra-putri terbaik bangsa Indonesia.

74 Engineer Indonesia - All New Development CBR 250RR
74 Engineer Indonesia – Development All New Honda CBR 250RR

Dalam pidatonya, Inuma juga menyampaikan bahwa para engineer Honda mendedikasikan kemampuan teknis mereka dan juga waktu yang mereka miliki untuk memberikan produk terbaik bagi konsumen Honda. Bahkan dalam masa pengembangan, anggota tim engineer mencoba menyelesaikan masalah dan kendala yang dihadapi baik di saat siang atau malam, baik di hari kerja maupun hari libur, selalu melakukan kordinasi pemecahan masalah baik secara offline langsung bertemu di tempat kerja, maupun secara online melalui media komunikasi, sehingga bisa tetap berdiskusi meskipun dari berbeda lokasi kerja dan berbeda jam kerja.

Tuntutan kualitas global seiring dengan performance All New CBR 250RR ini akan memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan bagi pemiliknya, unutk mencapai tuntutan tersebuh tingkat kepresisian dalam proses pembuatan sudah pasti menjadi tuntutan bagi Astra Honda Motor untuk menghasilkan produk yang mampu memberikan kepuasan melebihi ekspektasi konsumennya. Dari informasi yang ada, design engine All New CBR 250RR ini lebih rumit dan kompleks dibanding model yang lain, sehingga kualitas engine yang dihasilkan dalam proses produksi sangat sensitif diantaranya terhadap kestabilan temperatur kerja dan kondisi proses produksi, sehingga seluruh lini produksi harus bekerja keras untuk menjaga kestabilan proses produksi untuk menjamin kualitas yang tinggi.

Proses pembuatan All New CBR 250RR ini selain dibuat dengan teknologi manufacture yang tinggi, juga sangat memperhatikan sisi kelestarian alam, sehingga pabrik tempat produksi motor ini sudah mengaplikasikan teknologi ramah lingkungan, antara lain pengehematan energi listrik yang juga ditunjang dengan listrik energi matahari pada beberapa peralatan penunjang dan pemilihan bahan baku utama dan bahan baku penunjang yang ramah lingkungan.

Sumber Suara Renyah - Muffler alias Knalpot
Sumber Suara Renyah – Muffler alias Knalpot

Saat acara bertajuk Line Off Ceremony ada 3 orang konsumen pertama yang diundang ke atas panggung, untuk menerima secara langsung unit motor All New CBR 250RR miliknya, diserahkan langsung oleh direktur PT. Astra Honda Motor, raut wajah bahagia sangat terasa terlihat dari ketiga konsumen yang mendapatkan kehormatan menerima kunci motor miliknya langsung di pabrik motor tersebut dibuat. Mereka beberapa saat menunggu ketiga unit motor keluar dari line final inspection, kalo istilah roti mah fresh from the oven, baru jadi langsung dikasih ke yang punya. Salah seorang tidak sabar memutar kunci, menyalakan engine dan lalu terdengar suara bruuum…. brum… bruuuum…. suara renyah terdengar dari knalpot yang bentuknya sangat futuristik.

Rider View- Control Panel
Rider View –  Panel Kontrol

Setelah mencoba menunggangi motor jantan ini, akhirnya bisa merasakan dan melihat panel kontrol dari sudut pandang pengendara, dan rasanya luar biasa, karena saya biasa naik motor matic, sehingga merasa sangat takjub dengan view ini, dengan bobot yang lumayan terasa berat, sehingga kaki harus berhati-hati menopang motor ini saat berhenti.

Fuel Tank
Fuel Tank dan Panel Kontrol

Motor yang dijanjikan memiliki performa dan kepresisian menyamai produk premier Honda RC231V dan CBR1000RR ini hampir dipastikan bahwa para pembelinya memiliki ekspektasi bisa ngebut di jalan lurus dengan motor baru miliknya, namun yang menjadi perhatian bukan hanya kecepatan dan akselerasi, namun juga sisi keamanan saat melakukan pengereman sangat diperhatikan. Kalo pendapat saya mah sebagai pengguna motor bebek, kalo ngebut yang ngeri bukan waktu top speed, tapi yang ngeri ngeri malah waktu ngerem, takut nyeruntul euy.

Namun hal ini tak perlu dikhawatirkan karena All New Honda CBR 250RR ini dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan juga sudah mengadopsi teknologi Ride By Wire, sehingga motor menjamin akan terasa dibawah kendali penuh (Total Control) sang pengendara.

ABS - Anti Lock Braking System
ABS – Anti Lock Braking System

Motor laki bukan berarti cuma memperhatikan performance saja, harus bisa ngebut harus bisa kenceng, bisa ngerem pakem, dan pada All New Honda CBR 250RR ini bukan hanya hal tersebut yang diperhatikan, namun detail keindahan penampilan juga menjadi area pengembangan yang vital. Warna yang saya naksir adalah warna hitam dan abu-abu, karena terkesan jantan, ditambah striping minimalis warna kuning pada varian abu-abu dan garis merah pada varian hitam doff melengkapi kesempurnaan desain motor jantan ini.

Red Wing Logo
Red Wing Logo

Acara seremoni yang sangat megah dan penuh dengan rasa kepuasan, baik kepuasan dari sisi pembuat maupun kepuasan dari sisi pembeli motor. Dan tak lupa kehadiran pada Blogger kondang menambah marak dan indahnya acara ini. Dan saat saya moto detail CBR 250RR berwarna hitam, ternyata ada kang Taufik pemilik TMCblog.com lagi asik membuat Vlog dengan handycam nya, sempet minder, da aku mah apa atuh, cuma modal HP china doang buat moto, tapi yah dariapada ngebet, sikat dah.

kang Taufik - TMCblog
Kang Taufik – TMCblog

Vloger handal mah detail banget bikin review nya, sambil menyorot ke bagian per bagian motor jantan ini, kang Taufik pun terus berbicara memberikan keterangan dan review terhadap bagian detail motor yang sedang disorot olehnya.

Sudut TEmbak Kang Taufik - TMCblog
Sudut TEmbak Kang Taufik – TMCblog

Nunggu kang Taufik selesai bikin Vlog, ya saya mah motoin kang Taufik aja dulu deh, yang juga mengambil gambar All New CBR 250RR dari jarak agak jauh untuk memberikan gambaran over all look motor anyar ini.

Chief Operating Officer Honda RnD Center, Honda RnD Co. Ltd Yoshishige Nomura mengungkapkan dalam pidato nya “…kami percaya All new CBR250RR ini akan menorehkan sejarah baru untuk Indonesia“. (Dhy)

Produksi Pertama All New Honda CBR 250RR

Post navigation


2 thoughts on “Produksi Pertama All New Honda CBR 250RR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *