Bekerja di dunia industri otomotis hampir 15 tahun, seragam dan alat pelindung diri merupakan sebuah standar keamanan saat bekerja, salah satunya adalah sepatu safety yang selalu saya gunakan di hari kerja sejak jam 7 pagi hingga pulang kerja. Awal menggunakan safety shoes ini di tahun 2003 pastilah merasa tidak nyaman, dengan bobot sepatu yang tak ringan, apalagi kalo dibanding dengan sendal gunung yang bisa saya gunakan ketika kuliah, meskipun sesekali diusir dosen karena harus menggunakan sepatu di mata kuliah tertentu.

Kenyamanan seolah tersingkirkan dari pikiran, sementara kemanan bekerja menjadi yang utama, sepatu safety untuk melindungi dari benda berat yang berpotensi menimpa kaki, mencegah dari terpeleset lantai yang terdapat tumpahan oli, dan satu resiko lain juga dapat menycegah dari luka di kaki akibat tertusuk besin dari arah bawah kaki.

Safety shoes menjadi barang yang spesial bagi seluruh pekerja pabrik, tak ada yang berani masuk area kerja di pabrik dengan menggunakan sepatu yang tak safety. Seolah sepatu ini memiliki struktur yang luar biasa sehingga bisa mencegah terhadap resiko-resiko di atas.

Struktur Safety Shoes

Gambar tersebut saya peroleh di sebuah market place alibaba, yang diunggah oleh salah-satu produsen safety shoes di China. Dari market place tersebut dan juga dari pengamatan diperoleh informasi bahwa industri safety shoes saat ini sangat berkembang pesat di China dan kini produk-produk tersebut sudah masuk ke Indonesia. Tak seperti di masa awal saya bekerja di awal tahun 2000-an, bahwa yang namanya safety shoes itu yang hanya dipegang oleh 2 merk dagang besar saja, yaitu Kings dan Cheetah. Kedua produk tersebut memiliki standar kualitas dan standar kemanan yang sangat luar biasa, namun faktor style dan kenyamanan menjadi prioritas kedua.

Baru di akhir tahun 2000-an, Kings mulai meilirik segmen pasar buruh muda yang selain mencari kemanan bekerja juga mencari sepatu yang tetap gaya di tempat kerja, lahirnya safety shoes Kings dengan model Boots yang eye catching, sementara Cheetah tetap fokus pada faktor kemananan dan kekuatan produk, nyaman urusan kedua belas.

Dan di tahun kekinian, seiring berkembangnya industri safety shoes di China, yang menjadi industri rumah tangga, dan mungkin juga dibuat oleh para pekerja serta designer millenial, kini China banyak mengeluarkan model safety shoes yang nyeleneh, dengan tampilan sepatu olahraga atau sepatu hiking (sepatu gunung), namun dilengkapi dengan standar safety.

Puji, adalah anak muda berusia 30-an yang menjadi penjual safety shoes asal China ini, dengan janji safety shoes sporty dengan harga terjangkau ini ia menggelar display beberapa jenis sepatu safety. Sepintas memang tak terlihat seperti sepatu kerja, dan lebih terlihat seperti sepatu olahraga atau sepatu gunung.

Safety Shoes Sporty

Namun saat menawarkan produknya Puji memastikan bahwa produk yang ia jual memenuhi standar safety, “Kalo produk yang lain sekarang ini pengaman depannya ada yang bahannya nylon pak, nah kalo yang saya jual ini bahannya besi” sambil menunjukan dan menekan-nekan area toe cap, meskipun ia tak memberikan nilai max load yang mampu diterima oleh sepatu safety yang di jualnya.

Toe Cap Safety Shoes

Setelah itu mas Puji menalnjtkan dengan menekan-nekan area bawah sepatu “Nah coba pegang nih pak, di bawahnya juga ada lapiran plat besi, jadi kalo nginjek paku atau besi tajem di pabrik, ga akan nembus paling nancep doang di sol-nya tapi ga tembus ke kaki, jadi aman

Outsole dan Midsole Safety

Pertama kali saya melihat saefty shoes model sporty ini adalah saat teman-teman saya yang pulang dari Jepang, langsung menggunakan sepatu model ini, sehingga awalnya saya harus menunggu tugas ke Jepang baru bisa menggunakan sepatu ini. Namun kini produk China ini bisa mudah didapatkan di sekitar bekasi dengan rentang harga 250-450 ribu sudah bisa mendapatkan sepatu safety yang aman, nyaman dan modelnya ga kaku kaya kanebo kering. (Dhy)

Safety Shoes Sporty Harus Tetap Safety

Post navigation


Leave a Reply