Belum genap setahun pertemuan dengan sepeda idaman di masa sekolah, sepeda Federal yang saya dapat dari kota Malangn Jawa Timur. Bersyukur mendapat sepeda Federal meskipun sudah berusia tua, namun cat nya masih dalam kondisi yang sangat baik, hanya terdapat beberapa lecet wajar sebagai sepeda tua, tak perlu cat ulang, tar perlu mandi kembang.

Full Bike Federal

Selain mendapatkan full bike yang dalam kondisi mulus, group set nya pun masih dalam kondisi original dan lengkap, layak untuk langsung digunakan meskipun terlihat sedikit berkarat. Group set yang belum pernah saya lihat sebelumnya, maklum memang saya bukan penggemar sepeda vintage sungguhan, sehingga tak hafal betul type dan merk part sepeda vintage.

Sugino XT

Sugino XT begitulah nama yang tertulis pada crank sepeda Federal saya, entah itu hanya nama panggilan atau nama sesuai akte kelahiran dari catatan sipil setempat kala itu. Sepintas nama Sugino XT langsung nge-klik kalo crank ini adalah hasil karya anak bangsa Indonesia yang berasal dari tanah Jawa. Namun setelah saya cari informasi ternyata Sugino ini dibuat di Nara – Jepang di bawah perusahaan Sugino Engineering Corporation, sebuah perusahaan part sepeda yang sudah berusia lebih dari satu abad, dan merupakan menjadi produk resmi yang digunakan pada event balap sepeda kelas dunia seperti Tour de France, Giro d’Italia, World Championship dan Olimpiade.

Rear Derailleur Bawaan Federal

Lebih dari setengah tahun menggunakan Sugino XT dengan FD dan RD Suntour ini tidak ada keluhan berarti, meskipun ketika digowes terasa agak lebih berat dibanding ketika saya gowes si Scott yang menggunakan group set Shimano Alivio. Namun saya tetap menikmati, karena menurut saya ini adalah ke-khasan dari sepeda besi yang berusia tak muda lagi.

Namun beberapa bulan terakhir, ketika saya gowes tipis-tipis Federal ke kantor di hari jum’at, saat menjumpai tanjakan lalu sedikit menekan dan menghentak pedal sepeda, beberapa kali Sugino ini mengalami slip, turun dari gear besar ke gear kecil, sempat daya set ulang baik RD maupun FD nya, namun kejadian tersebut tetap terjadi, mungkin karena usia part yang sudah tak lagi belia.

Shimano STX MC-30

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti group set Federal saya dengan part yang juga berusia tak muda lagi, Shimano STX MC-30 Special Edition ga pake telor. Ini pun part NOS seken pula, bekas temen yang juga baru merakit Federal, dengan harga cukup murah dibanding dengan harga group set kekinian yang pasti lebih mahal, sekalipun dibandingkan dengan harga full bike Federal saya.

Teman saya kurang cocok entah ga cocok apanya, kabarnya sih group set STX ini tak sebadan dengan bobot badannya, sehingga area Bottom Bracket STX sempat ada keluhan ketika menanjak dan gowes dalam posisi berdiri.

Rear Derailleur STX MC-30

Shimano STX MC-30 adalah produk lawas Shimano di tahun 1994 dengan 7 percepatan pada gear belakang dan 3 percepatan pada gear depan, selisih 1 percepatan dibanding dengan Sugino XT yang sebelumnya saya gunakan. Perbedaan diameter gear depan pada STX pun lebih kecil dibanding Sugino XT, dan mungkin inilah yang membuat STX lebih ringan di gowes dibanding saya gowes Sugino sebelumnya.

Produk Shimano varian STX dihapuskan pada tahun 1994 dan mulai berganti dengan varian produk group set yang lebih kekinain, dengan jumlah gear percepatan lebih banyak, dan STX menjadi salah satu legenda Shimano.

Meskipun STX terasa lebih ringan dan empuk saat di gowes yang mungkin juga pengaruh dari free hub yang juga menjadi bagian dari group set ini, yang awalnya Sugino berpasangan dengan hub joytech type biasa, namun ketika saya mengayuh pedal Sugino terasa lebih nampol dibanding STX yang memiliki gear depan lebih kecil dari Sugino.

Mengayuh sepeda tua memiliki keasyikan tersendiri, dengan stamina yang tak lagi muda, kecepatan pastilah menjadi nomor dua, yang terpending adalah bisa bahagia dari meter per meter jalan yang kita lalui, dan tentu dengan gowes sntai adalah sebuah usaha menjadikan tubuh lebih sehat dan lebih bugar, juga pikiran yang segar tentunya. (Dhy)

 

Shimano STX MC30 untuk Sepeda Federal

Post navigation