Dari beberapa tulisan tentang BV6000 dan dari pertanyaan yang masuk di kolom komentar tentang ponsel Blackview BV6000 banyak pengguna yang mengalami masalah notifikasi dari beberapa aplikasi tidak muncul, seperti notifikasi dari aplikasi Whatsapp, Facebook, Line, email dan aplikasi lainnya, keluhan ini terjadi setelah para pengguna BV6000 melakukan proses update OS ke Android 7.0 Nougat.

Gejala awalnya adalah notifikasi pesan tidak masuk di saat handphone dalam kondisi terkunci atau sleep. Ada pula yang mengalami lebih parah, meskipun handphone tidak dalam kondisi terkunci, namun ketika aplikasi whatsapp tidak di aktifkan, tidak dibuka, atau karena sedang membuka aplikasi lain, notifikasi dari whatsapp tidak muncul. Notifikasi baru muncul ketika telah membuka mode kunci kemudian membuka aplikasi whatsapp, barulah mulailah bermunculan puluhan, ratusan bahkan ribuan pesan whatsapp.

Selain dunia terasa sepi dengan tidak adanya notifikasi di handphone, saat membuka aplikasi kemudian jutaan pesan masuk secara bersamaan, hal ini sering membuat handphone hang dan mengeluarkan pesan “UI (user interface) stop working” kemudian handphone akan berhenti sejenak, terdiam, dan kemudian melakukan relaunch seluruh aplikasi yang ada.

Setelah membaca beberapa forum, ternyata hal ini tak hanya terjadi di handphone Blackview khususnya BV6000 saja, paska melakukan update ke Android 7 alias Nougat, beberapa handphone merk lain pun mengalami hal yang sama, sepertinya ini adalah global issue dari kelemahan atau bug Android 7.

Setelah bersabar dan mulai terganggu dengan efek handphone hang di saat awal membuka aplikasi chat, lalu mencari informasi, akhirnya saya mengetahui apa dan bagaimana solusi masalah tidak munculnya notifikasi ini. Hal ini terjadi karena adanya aplikasi bawaan BV6000 yang sepertinya dibesut bersamaan dengan upgrade OS ke Nougat, yaitu aplikasi “Background Task Clear”.

Background task clear

Uniknya di beberapa forum banyak user Android yang melah mencari aplikasi untuk membunuh aplikasi yang bekerja di belakang layar, hal ini dicari karena ketika Android dalam kondisi sleep beberapa orang ingin membunuh aplikasi-aplikasi yang dianggap tak perlu aktif, karena dari beberapa kasus ada, ada beberapa aplikasi yang aktif dan bekerja secara berlebihan, menerima dan melakukan transaksi data meskipun dalam kondisi sleep atau terkunci, sehingga paket data akan tersedot dengan cepat, apalagi bagi yang hobi mencoba-coba jutaan aplikasi menarik di playstore.

Masukan sebagai white list

Hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan keceriaan lewat riuhnya suara notifikasi dari handphone hanya perlu beberapa langkah sederhana, yaitu masuklah ke menu setting, lalu cari menu “Background Task Clear”kemudian pilihlah dan centang aplikasi mana yang anda tidak ingin bunuh meskipun handphone dan aplikasi tersebut tidak dalam keadaan aktif. Kalo bahasa kerennya, aplikasi yang mau tetap aktif mengirimkan notifikasi masukan dalam White List, yang artinya, aplikasi yang dipilih tersebut tidak akan diclean meskipun aplikasi tersebut bekerja di belakang layar (background), dan akan terus memberikan notifikasi ceria dari orang-orang tercinta. (Dhy)

Solusi : Notifikasi BV6000 Bermasalah di Android 7

Post navigation