Iseng liat kiriman email dari beberapa market place di kotak masuk email, di salah satu email masuk terlihat ada benda yang menarik perhatian, sebuah studio mini portabel yang bisa di lipat-lipet berbentuk kotak dilengkapi dengan lampu LED untuk lighting, klik lihat, ternyata harganya hanya Rp. 89.900 dari harga aslinya Rp. 200.000 wow ternyata murah walaupun saya bukan orang yang mudah percaya terhadap bandrol harga diskon. Online shop semakin menggila barang-barang aneh yang jaman dulu sangat sulit dicari dan mahal, kini ada digenggaman dan dengan harga yang sangat murah.

Order dengan menggunakan jasa antar GoJek, pengiriman di hari yang sama dengan harga yang lebih murah dari biaya pengiriman paket JNE, TIKI maupun POS Indonesia padahal paling cepat baru bisa tiba esok hari, satu lagi produk GoJek yang makin menggila dan siap membuat saingannya menjadi gila berfikir bagaimana cara mengimbangi, bertahan atau lebih inovatif lagi, improve or die.

Paket Studio Mini Portable

Barang pesanan datang, langsung buka, dan ternyata packing-nya sangat rapih, paket terdiri dari sebuah box studio mini berbahan plastik yang tipis namun tak mudah sobek berukuran tinggi terbuka: 27cm lebar menyamping: 21.8cm lebar ke belakang: 22.5cm dimensi terlipat: 22.5 X 21.8 Cm.

Ditambah dengan dua buah background yang terdiri dari warna putih dan hitam, untuk bermain high key dan low key, dimensi background adalah 48 X 21cm. Dilengkapi pula dengan sebuah kabel charger yang digunakan untuk menghubungkan daya dari sumber listrik ke lampu LED yang sudah terpasang di box studio mini tersebut.

Lampu LED dan Perakitan Sistem Magnet

Desain yang sangat menarik namun simpel, lampu LED sudah terpasang erat di area atas, posisi yang pas untuk menerangi seisi box agar cahaya yang masuk mencukupi ketika proses foto dilakukan, lampu ini dilengkapi dengan konektor USB di ujung rangkaian lampu LED tersebut, konektor yang digunakan adalah pasangan kabel data yang sama dengan konektor USB pada ponsel Android pada umumnya. Sistem pemasangan box studio mini ini juga mudah dan unik, dilengkapi tiga buah magnet pada sisi kiri dan tiga buah magnet pada sisi kanan akan mempermudah proses pasang dan proses lepas setelah sesi foto usai.

Setting Studio Mini

Proses pemotretan kali ini yang merupakan sesi perdana dalam rangka mencoba studio mini ini, saya menggunakan power bank sebagai sumber listrik, kamera Canon EOS 6D dan lensa Canon 100 mm Macro. Ternyata lampu LED yang terpasang di dalam paket studio mini ini sangat memuaskan, intensitas cahaya sangat mencukupi, meskipun pada pukul 18.30 saya set ISO di angka yang relatif kecil dan bukaan rana (Aperture) yang agak sempit, dengan resiko shutter speed melambat, sehingga kali ini saya memutuskan untuk menggunakan tripot untuk menghindari shaking tak lupa setting pula timer shutter.

Data Parameter Foto

Cahaya yang dihasilkan juga sangat lembut dan merata, perangkat yang sangat ideal dan mencukupi untuk mengambil foto produk, jangan lupa untuk menyesuaikan setting white balance untuk mencapatkan warna putih yang diinginkan, kali ini saya setting white balance agak dinign, foto di bawah ini tanpa proses editing, langsung diambil dari kamera.

Hasil Foto EOS 6D + Lensa 100 mm macro

Selain mencoba dengan kamera DSLR di atas, saya juga mencoba untuk melakukan proses foto menggunakan kamera ponsel BV6000 yang saya miliki, karena foto hasil menggunakan DSLR dan lensa macro hal di atas akan menjadi sesuatu yang biasa saja, tak ada yang aneh. Namun dengan mencoba proses foto menggunakan kamera ponsel akan membuktikan kesaktian kamera Blackview BV6000 yang sedang saya ekspolrasi dan juga kehandalan produk studio mini dengan harga terjangkau ini.

Foto Produk menggunakan Ponsel BV6000

Untuk menjaga kestabilan dan tidak shaking, saya meletakan ponsel BV6000 pada meja yang saya gunakan tinggal atur posisi untuk mendapatkan sudut tembak yang diinginkan. Proses foto dengan BV6000 saya lakukan dengan jarak tembak sekitar 10 cm dari objek untuk mendapatkan kesan objek menjadi besar, sehingga nantinya saya hanya perlu melakukan sedikit cropping untuk menghilangkan sisi bocor akibat studio mini ini yang berukuran mini.

Foto Hasil Jepretan Kamera Ponsel BV6000

Foto di atas pun tanpa proses edit, hanya sedikit cropping seperti yang saya sampaikan di atas, hasil cropping masih di kisaran 90% dari foto aslinya. Ketajaman foto sangat memuaskan, hal yang terasa beda hanyalah pada DOF (depth of field)  karena bukaan rana kamera BV6000 tak dapat di atur. Untuk white balance BV6000 menyediakan beberapa pilihan seperti layaknya kamera DSLR, namun sayangnya saya lupa melakukan setting white balance di BV6000 menyamai setting White Balance di kamera DSLR saya, karena jujur saat menulis artikel ini saya baru ingat dan cek menu setting kamera di ponsel BV6000 saya, dan ternyata memang ada menu setting white balance.

Setting White Balance pada BV6000

Satu kelemahan paket studio mini ini adalah ukuran yang tak cukup besar, saya mencoba mengambil foto kacamata  dan ketika saya letakan di dalam studio mini, terlihat kacamata saya hampir memenuhi semua ruang studio foto ini, sehingga ketika memaksa untuk melakukan foto maka terlihat bocor lipatan-lipatan box yang terbuat dari plastik ini, dan saya kesulitan untuk memposisikan kacamata saya untuk dapat mengambil gambar secara keseluruhan.

Kacamata memenuhi studio mini

Sehingga foto kacamata hanya bisa mengambil sebagian aja tak bisa secara keseluruhan, karena terlalu banyak kebocoran yang harus masuk proses editing dan cropping. Namun bukan berarti proses pengambilan foto kacamata ini sama sekali tak bisa dilakukan, tetap saya jalankan dengan memilih posisi yang paling optimum dan titik mana yang akan dijadikan Point of Interest (POI) dari produk kacamata ini.

Foto Kacamata – EOS 6D & 100mm Macro

Foto di atas didapat dengan melakukan cropping menggunakan rasio 16:9 karena sisi depan pun sudah bocor. Selain itu saya juga melakukan beberapa clone untuk menghilangkan kebocoran lipatan studio mini di area kiri atas. Foto bagus dengan menggunakan peralatan mahal mungkin sudah tidak membuat terpana, namun jika didapat dengan menggunakan peralatan seadanya dengan harga yang terjangkau lalu hasil fotonya bagus, maka akan mendapatkan kepuasan tersendiri, selamat mencoba dan tetap berkreasi. (Dhy)

Studio Foto Mini Murah untuk Foto Produk

Post navigation


2 thoughts on “Studio Foto Mini Murah untuk Foto Produk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *