Belum genap satu bulan mas Keis duduk di kelas 3 SD, bertemu dan berinteraksi dengan temen baru, meskipun beberapa teman di kelas 3 adalah teman mas Keis di kelas 1 dan 2. Alhamdulillah kesan di kelas 3 first impression ke guru baru nya sangat excited “Abi… Guru baru aku baik banget, kita boleh bawa mainan ke Sekolah”.

Satu malam menemani mas Keis sebelum tidur, mijitin kaki mas Keis sambil ngobrol cerita aktivitas di sekolah hari ini :

Abi : “Mas, tadi siang di sekolah belajar apa mas ?”

Keis : “Aku belajar deret bilangan bi”

Abi : “Deret bilangan itu kaya gimana mas ?”

Keis : “Itu loh bi, urutan angka, ada yang mulai dari 1 terus lanjut… hmmm… Ahh sulit digambarkan bi kalo diceritain mah”

Abi : “Emang pelajaran matematik kelas 3 lebih sulit dari kelas 2 mas ?”

Keis “Hmmm… Menurut aku sih tidak terlalu lebih sulit dari kelas 2 bi”

Abi : “Alhamdulillah… Besok kita belajar matematik bareng lagi ya mas”

Lega mendengar Keis bisa menikmati pelajaran matematik di kelasnya, tak ada keluhan kesan dan menceritakan dengan wajah ngantuk namun tetap dengan senyuman.

IMG_9571

Teringat saat mencari sekolah saat mas Keis mau masuk TK, cari sekolah sampai 5 sekolah kami kunjungi, dan selalu mengajak mas Keis untuk langsung melihat suasana sekolah yang kami survey. Di akhir survey, kami bertanya ke mas Keis “Gimana mas, mau ga sekolah di sini ?” dari 5 sekolah, mas Keis mengiyakan 2 sekolah dan sisanya mas Keis menggeleng.

Komitmen kami sebagai orang tua ketika itu, yang utama adalah mas Keis bisa menikmati proses sekolah, konten kurikulum, metode belajar dan target akademis menjadi urutan kesekian bagi kami, karena kami tidak ingin mas Keis merasa tertekan dan stress di usia dini dalam menjalani sekolahnya sehari-hari.

20160731114809_IMG_0967

Demikian pula dalam mencari sekolah dasar dengan dasar pertimbangan yang tak jauh berbeda ketika memilih sekolah SD, kami berusaha memahami karakter mas Keis dan kami berusaha mencari yang terbaik untuk mas Keis bukan dari audit pandang target akademis senjata namun juga bagi perkembangan diri mas Keis yang bisa berlangsung secara natural dan tak memberikan beban berlebih di usia dini. (Dhy)

Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Post navigation


2 thoughts on “Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *