Setahun lebih menggunakan Handphone IP68 besutan China dengan nama Blackview BV6000. Handphone yang menarik dan pilihan alternatif untuk handphone outdoor, karena untuk merk-merk terdahulu seperti Sonim dan Caterpillar dibanderol dengan harga selangit. Selain faktor harga BV6000 menjadi pilihan bagi pengguna HP outdoor yang juga suka menikmati foto atau video dengan kualitas HD.

Dari beberapa artikel yang saya tulis tentang BV6000, ada beberapa pertanyaan dari para pengguna BV6000 ini, diantaranya adalah masalah touchscreen yang tidak berfungsi, lambat atau nge-lag, dan yang juga sering terjadi adalah tombol Home, Back dan Menu tau yang disebut capacitive button tidak berfungsi.

Touch Screen BV6000

Permasalahan touchscreen tidak sensitif atau dalam berapa kasus malah terjadi over sensitif memang kerap terjadi setelah BV6000 memberikan wireless update untuk OS Android 7.0, beberapa user menyatakan memang BV6000 di Android 6.0 berjalan lebih stabil tak banyak keluhan. Pada Android 7.0 ada beberapa driver yang menunjang kerja hardware BV6000 masih dalam tahap pengembangan. Namun tetap tak ada satupun user BV6000 yang rela melakukan downgrade ke Android 6.0 lagi.

Sehingga ketika mengalami permasalahan ini, hal yang perlu dilakukan adalah :

1. Cek build version yang terinstall pada BV6000, menurut admin forum Blackview Hongkong di akhir tahun 2017, bahwa build number yang paling update adalah versi 20171011

Cek : Build Number Version

2. Jika build number belum update yang terkini, lakukan cek apakah ada wireless update yang ditawarkan resmi oleh Blackview. Jika tidak ada penawaran wireless update resmi, saran saya tidak perlu melakukan update dengan mencari source bebas, hal ini akan beresiko, karena build number dibuat khusus sesuai pada area-area negara tempat distribusi BV6000, user BV600 sering menyebutnya dengan local update, karena memang bersifat lokal dan regional. Wireless update yang ditawarkan oleh Blackview ke Handphone yang spesifik adalah yang sesuai dengan kecocokan antara hand set dan system update nya. Kecuali jika anda memang seorang petualang dan suka ngoprek sistem handphone.

Cek : Wireless Update Resmi

3. Setelah melakukan update system, lakukan factory reset, jangan lupa lakukan backup data terlebih dahulu.

 

Selain tiga hal di atas, ada satu hal yang sangat simple namun bisa menjadi penyebab masalah touchscreen BV6000 tidak sensitif, BV6000 dalam paketnya memang disertai dengan screen protector, bahkan saya mendapatkan 2 buah. Namun ternyata hal ini membuat touchscreen menjadi tidak sensitif, ketika saya mengalami ini, maka saya langsung membuka screen protector dan sensitifitas touchscreen menjadi lebih responsif.

Jangan takut untuk melepas screen protector pada BV6000, karena kita tidak membutuhkan ini, touchscreen BV6000 cukup keras dengan srtifikat IP-68 jatuh sekalipun tak akan lecet.

Terakhir, coba nonaktifkan glove mode jika yang terjadi adalah over sensitive, terkadang kita tidak menyadari ternyata mode ini aktif. Di beberapa negara mode ini sudah dihilangkan ketika melakukan update ke Android 7.0, namun pada BV6000 yang saya miliki dengan build number 20161216 glove mode masih tersedia meskipun saya tak pernah mengaktifkan mode ini.

Touchscreen Blackview BV6000 Bermasalah

Post navigation