Dua pekan yang lalu, Keis mengirimkan pesan whatsapp lewat ponsel ummi-nya, isi pesan yang cukup mengagetkan untuk saya. Secara garis besar isi broadcast message yang dikirim Keis seperti ini :

“Waspada bulu babi pada sikat gigi anda, cek di belakang kemasan sikat gigi anda, apakah terdapat tulisan bristle, jika ada maka hampir dipastikan sikat gigi tersebut terbuat dari bulu babi, dari situs wikipedia dinyatakan bahwa bristle berbahan dasar dari bulu binatang khususnya babi”.

Saya sangat kaget, karena merk sikat gigi yang disebutkan dalam broadcast message tersebut adalah merk sikat gigi yang saya gunakan. Kebetulan di akhir pekan jadwal ummi-nya Keis belanja bulanan, langsung saya sambangi rak yang menjual sikat gigi berbagai merk dengan berbagai type, mulai dari yang lurus, bengkok 10 derajat, bengkok 30 derajat tapi tidak ada yang 90 derajat, marketing gila sikat gigi aja macem-mcem, laku pula.

Dan benar ada tulisan bristles di belakang kemasan sikat gigi yang saya gunakan, semakin dag dig dug, duh gigi saya haram. Tapi masih ada kesadaran untuk cek Google Translate dan cek Wikipedia, apa sebenarnya makna bristles.

Bristle_Pig Hair

Di alinea pertama wikipedia benar saja disebutkan bahwa bristle pada umumnya dibuat dari bulu binatang dan sebagian besar adalah bulu babi, bulu babi dipilih karena beberapa keunggulan dari bulu babi. Duh… makin dag dig dug, duh… gigi saya haram.

Lanjut baca sampai bawah, ada alinea yang menyebutkan bahwa, selain terbuat dari bulu binatang, bristles juga ada yang terbuat dari bulu sintetik seperti nylon. Nah mulai lega, gigi saya ga jadi haram. Tapi belum juga yakin, balik saya cek kemasan sikat gigi yang masih saya pegang. Tangan kiri pegang sikat gigi, tangan kanan pegang ponsel, copot stiker pabrik dari kamera, poto biar kekinian.

Rez_IMG_20160409_180514

Akhirnya lega, ternyata di bagian bawah kemasan sikat gigi ini tertulis material Bristles terbuat dari nylon, lega gigi saya bisa saya ikutkan sertifikasi halal, selesai semua investigasi, dengan gerobak belanjaan di depan, dan ummi nya Keis yang entah kemana jauh dari pandangan. (Dhy)

 

 

Waspada Bulu Babi (Bristle) di Sikat Gigi Anda

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *