Nama besar Pondok Pesantren Husnul Khotimah mewarnai keluarga kami di akhir tahun ini, yang biasanya libur akhir tahun berlibur ke luar kota, kali ini fokus ngurus pendaftaran dan tes masuk pesantrennya mas Keis.

Saat pertama mendengan mas Keis punya keinginan besar untuk masuk ke Pesantren Husnul Khotimah yang berlokasi di Kuningan – Jawa Barat ini, malah kami sebagai orangtua yang nge-dredeg, karena tau banget dari cerita orang, bagaimana susahnya masuk ke pesantren ini, bersaing ribuan orang dari seluruh Indonesia, malah kabarnya ada juga beberapa calon santri dari negeri seberang yang mendaftar.

Ketakutan itu wajar, tinggal bagaimana pensikapan terhadap ketakutan tersebut, dan kami sangat support keinginan dan tekad besar mas Keis untuk masuk ke pesantren yang jadi favorit ini. Mulailah kami mencari informasi tentang Pesantren Husnul Khotimah. Di bawah ini adalah kalender pendaftaran untuk tahun penerimaan santri baru tahun ajaran 2020/2021.

Agenda penerimaan santri baru 2020/2021

 

Pencarian informasi sudah dimulai sejak bulan Agustus, mulai dari informasi dari mulut ke mulut, informasi dari medsos, sampai akhirnya informasi web resmi Pesantren Husnul Khotimah, dan alhasil, tanggal 30 September sudah waspada untuk mendaftar, dan akhirnya tanggal 1 Oktober 2019 jam 06.30 langsung buka web pendaftaran santri baru. Untuk web pendaftaran tidak selalu dapat diakses, sama adminnya kalo sudah tidak masuk masa pendaftaran maka webnya akan di non aktifkan dan arahkan ke web utama pesantren.

Untuk proses pendaftaran ga usah khawatir, pengalaman saya Husnuk Khotimah ini memiliki sistem pendaftaran online yang sudah sangat baik, respon cepat dari server sehingga pengisian form pendaftaran berjalan tanpa kendala. Beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan :

  1. Usia maksimal calon santri adalah 15 tahun untuk MTs dan 17 tahun untuk MA
  2. Background foto calon santri merah untuk MTs dan biru untuk MA
  3. Siapkan nomor induk siswa nasional (NISN) dan nomor induk sekolah, yang dapat diketahui dari web Kemendikbud
  4. Siapkan biodata calon santri dan orangtua (ibu-bapak), bisa siapkan data KTP dan KK, isian di form cukup banyak, jadi harus sabar ngisinya
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- (tes di Husnul Khotimah) dan Rp. 450.000,- jika tes di lokasi sesuai daerah yang tersedia tempat tes
  6. saat mengisi formulir, NISN dan No HP tidak pakai strip (-) atau spasi. Sedangkan untuk mengisi Nama, Alamat dll, tidak menggunakan tanda petik (‘)
  7. Lokasi tes selain di Husnul Khotimah – Kuningan, bisa juga di Jawa Barat (Bekasi), Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan beberapa propinsi dan kota lainnya
Pencarian NISN

Setelah pengisian selesai, klik simpan, maka akan keluar new tab bahwa proses pendaftaran sudah selesai, ada nominal dan nomor rekening yang harus dibayarkan paling lambat 1×24 jam.

Setelah melakukan pembayaran, tunggu sekitar 30 menit sampai 1 jam, untuk melakukan pengecekan di database calon santri yang dikelompokan berdasarkan pilihan tempat tes, jika sudah ada namanya, klik dan cetak kartu.

Kartu yang sudah di cetak, simpan baik-baik kartu tersebut untuk dibawa saat tes di tempat tes yang sudah di pilih, untuk area Bekasi, tempat tes masuk pesantren Husnul Khotimah adalah di Islamic Center Bekasi. (Dhy)

Pendaftaran Pesantren Husnul Khotimah

Post navigation


Leave a Reply