Drama banget hari ini, saya sudah dateng ke 3 Rumah Sakit, sudah habis kuota pasien untuk hari ini, ini rumah sakit yang ke-4 mudah-mudahan bisa” cerita seorang ibu di meja pendaftaran pasien yang akan melakukan suntik vaksin Meningitis di RS Persahabat.

Bagi yang akan berpergian ke Timur Tengah, selain mempersiapkan Paspor dan Visa juga harus melakukan suntik vaksin Meningitis sebagai persyaratannya, bukan sembarang suntik, namun harus suntik vaksin di tempat yang ditunjuk dan mengeluarkan buku kuning secara resmi yang berlaku secara Internasional, semacam sertifikat bukti seudah melakukan suntik vaksin. Buku kuning ini berlaku selama 2 tahun, setelah itu harus suntik ulang lagi jika akan melakukan perjalanan ke Timur Tengah lagi.

Selain Rumah Sakit Persahabatan, ada beberapa tempat yang bisa mengeluarkan buku kuning, antara lain : RS PON Jakarta Timur, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Priok, KKP Halim, KKP Soekarno Hatta.

Untuk warga Bekasi harus bersabar, karena untuk saat ini sudah tidak ada lagi tempat untuk suntik vaksin Meningitis, “Wah sudah lama pak tutup, terakhir 2 tahun lalu, sekarang sudah pindah ke Halim” demikian penjelasan pak Satpam saat saya penasaran nyamperin ke Asrama Haji Bekasi di belakang Islamic Center Bekasi.

Berbeda dengan lokasi suntuk vaksin yang dilakukan di beberapa Kantor Kesehatan Pelabuhan, ada pembatasan jumlah pasien, namun kelebihan di KKP dapat melakukan pendaftaran secara online, jadi bisa merencanakan jauh-jauh hari.

Sementara jika melakukan vaksin di RS Persahabatan tidak dapat melakukan pendaftaran online, namun tidak ada pembatasan jumlah pasien “Di sini buka dari jam 8 pagi pak, dan pelayanan dibatasi bukan dari jumlah pasien, tapi terakhir pendaftaran kami tutup jam 13.00, paling rame pernah kita melayani sampai 200 orang pasien dalam datu hari” cerita ibu yang bertugas sebagai kasir.

 

Gedung Lokasi Suntik Mengitis – RSUP Persahabatan

Saya tiba di RS Persahabatan sekitar jam 8 pagi, dari parkir motor saya tanya ke pak satpam lokasi tempat suntik “Dari sini bapak jalan ke arah barat, sampai nanti ketemu BRI bapak belok kiri, terus aja lurus nanti ada tulisan gedung Instalasi Pemeriksaan Medik Terpadu, nah bapak masuk aja“.

Antri pembayaran setelah daftar

 

Alur Proses Suntik Meningitis di RS Persahabatan :

  1. Datang langsung menuju meja pendaftaran
  2. Serahkan foto copy paspor dan KTP
  3. Isi formulir yang diberikan petugas pendaftaran, jangan lupa cata nomor antrian yang ada di bawah formulir pendaftaran
  4. Tunggu panggilan untuk pembayaran biaya vaksin Meningitis sebesar Rp. 305.000, proses pemanggilan agak lama, sekitar setengah sampai satu jam, karena petugas pendaftaran melakukan entry data kita ke sistem komputer, baru akan dipanggil oleh kasir
  5. Dipanggil oleh kasir (perhatikan karena dipanggil tanpa pengeras suara), lalu masukan pembayaran, siapkan uang tunai, usahakan uang pas
  6. Masuk ke ruang antrian suntik, tidak menggunakan nomor antrian, perhatian juga karena dipanggil dari dalam ruang suntik tanpa pengeras suara, menunggu antrian tidak selama antrian bayar, antri sekitar 20-30 menit
  7. Setelah dipanggil oleh petugas suntik, suntik tanpa rasa sakit, dan langsung dapat buku kuning.
Suntik di dalam ruangan kecil, suara panggilan samar

Selama proses ini, meskipun prosesnya mudah dan tidak berbelit-belit, namun paling tidak harus menyiapkan waktu setengah hari, saya datang jam 8 pagi selesai suntik sekitar jam 11.30 siang. Untuk selanjutnya buku kuning akan dibawa saat melakukan foto biometrik saat mengurus Visa.

Masa berlaku buku kuning ini adalah 2 tahun, semoga panggilan nomor porsi haji masih dalam waktu masa berlaku buku kuning ini. (Dhy)

Prosedur Suntik Meningitis di RS Persahabatan

Post navigation


Leave a Reply