Membahagiakan orangtua pasti adalah hal yang ingin dilakukan setiap anak dalam kehidupan ketika dewasa, setelah orangtua merawat kita sejak di kandungan hingga saat ini. Ketika orangtua mulai kesulitan dalam mobilitas, mudah lelah saat diajak jalan-jalan, maka ketika akan mengajak orangtua berpergian harus memperhatikan kenyamanan dan keamanan pergerakan tubuh orangtua kita, jangan sampai ngajak jalan-jalan untuk membahagiakan malah berefek ke kondisi tubuh orangtua.

Kursi roda bisa menjadi pilihan agar orangtuabisa diajak jalan-jalan dengan nyaman dan tidak membuat lelah.

Setelah browsing di internet, didapat beberapa brand untuk kursi roda traveling yang bisa dilipat dan disimpan dalam tas, sehingga mudah untuk di bawa-bawa. Yang menjadi ciri khas kursi roda traveling selain dapat dilipat adalah ukuran empat buah ban yang lebih kecil dari kursi roda biasa, ukuran rodanya mirip dengan roda stroller bayi.

Karena masih tergolong Gen-X belanja di market place dengan sejuta pilihan dengan selisih harga tifis-tifis masih merasa ada keraguan, karena tidak bisa melihat kontruksi secara langsung, dan tak bisa diraba kontur bahan kain yang digunakan sebagai tempat duduk dan sandaran, belum lagi kerapihan jahitan dan menaksir kira-kira kuat apa enggak untuk bobot ibu saya sekitar 65 Kilogram.

Ada beberapa brand yang umum dijual di Indonesia dengan ukuran yang sekelas dan range harga yang juga sekelas, diantaranya adalah : GEA, Avico, Sella dan Serenity

GEA – SELLA – SERENITY

GEA FS804, Avico LX9003L, Sella KY900LB, dan Serenity SR388CK ini adalah type untuk masing-masing brand dengan bobot dan beban maksimum yang sama, bobot kursi roda sendiri sekitar 9 Kg dan mampu mengangkat beban maksimal sekitar 80 Kg.

1. GEA FS804 dan Avico LX9003L

Dengan melihat langsung saya bisa membedakan secara konstruksi dan tekstur bahan yang digunakan, dari hasil pengamatan saya untuk kontruksi, yang terlihat dan terasa lebih rigid adalah untuk brand GEA dan Avico, uniknya kedua brand berbeda ini memiliki kontruksi dan bahan yang sangat mirip, bahkan saya tak bisa membedakannya.

Dengan kontruksi lipatan ke arah samping menurut saya terasa lebih pas, membuat kedua kursi roda ini sangat kokoh dan nyaman ketika di duduki, posisi alas duduk sangat pas dalam menopang tubuh. Dari uji coba duduk didorong dan berdiri mendorong, roda sangat mudah untuk digerakan dan dikendalikan, sehingga tidak menyulitkan dalam bermanufer.

Kelemahan dari GEA dan Avico ini adalah jarak dudukan tangan terasa sempit dan membuat saya yang mencoba untuk duduk merasa tidak nyaman, karena posisi kedua tangan harus sangat merapat ke samping tubuh, jarak antar kedua dudukan tangan sekitar 40 cm.

2. Sella KY900LB dan Serenity SR388CK

Seperti halnya GEA dan Avico yang serupa tapi tak sama (tulisan brandnya) demikian pula dengan Sella dan Serenity “Sama aja koq pak Sella sama Serenity, itukan satu pabrikan, cuma beda warna aja“, merasa masih ragu penjelasan dari petugas toko tersebut, saya perhatikan satu demi satu setiap bagian kedua kursi roda ini, mulai dari material aluminum, bentukan dan tekukannya, sampai ke kontruksi arah lipatan dan sistem porosnya. Dan akhirnya ditemukan satu perbedaannya, yaitu di desain pijakannya, dan lebih nyaman terlihat untuk pijakan Sella dibanding Serenity.

Secara kekokohan konstruksi Sella maupun Serenity berada di bawah GEA dan Avico, mulai dari arah lipatan ke arah depan berpengaruh pada posisi duduk yang agak terganggu dengan rangka aluminum bagian depan yang mengganggu tekukan lutut dan area belakang yang agak mengganjal ketika duduk, sehingga ketika duduk harus mencari dan memperhatikan posisi yang pas agar nyaman.

Namun keunggulannya Sella dan Serenity adalah jarak antar dudukan tangan lebih lebar, selisih sekitar 10 cm dari lebar jarak dudukan tangan GEA dan Avico, ketika saya uji coba duduk didorong terasa lebih nyaman, karena tangan bisa leluasa dan lebih rileks. Untuk uji coba berdiri mendorog dan lebar tempat duduk tak berbeda, hanya gambaran posisi rangka seperti yang saya jelaskan di atas saja perbedaaannya.

Kesimpulan mana yang akan saya pilih, saya teringat pesan kakak saya sebagai perawat “Kalo secara tampilan fisik GEA sih, tapi pilih yang ibu enak nyobainnya aja“. Berhubung ibu tidak bisa ikut, karena ke toko kursi roda naik motor, maka saya meluncur ke rumah ibu, untuk mengukur dan simulasi kira-kira mana ukuran yang pas sebagai dasar untuk memilih.

Tips untuk mengukur adalah meminta ibu untuk duduk di bangku teras, dalam posisi yang nyaman lalu ukur lebar tempat duduk dan juga lebar dudukan tangan, dan hasil ukur inilah yang menjadi perbandingan ukuran kursi roda yang akan kita pilih.

Sella KY900LB

Alhasil dengan membawa hasil ukur tersebut, ukuran yang paling mendekati ukuran nyaman ketika duduk di kursi teras adalah Sella atau Serenity, namun dengan alasan pilihan warna gelap agar tidak cepet kotor, akhirnya saya pilih Sella KY900LB.

Ukuran kursi roda

Untuk masalah harga, ini juga menarik, hasil hunting saya ke pusat alat kesehatan di pasar lama proyek Bekasi, dari beberapa toko, memang ada salah satu toko yang direkomendasikan adalah di toko alat kesehatan Hanalab Medika. Uniknya di toko ini menjual ke empat kursi roda travel berbeda brand tersebut dengan harga yang sama, berbeda dengan 4 toko lain yang saya survey, dengan selisih harga sekitar 300 ribuan untuk GEA dan 200 ribuan untuk Sella. Pelayanan dan penjelasan dari petugas toko juga sangat informatif, objektif dan yang pasti ramah banget.

Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan gambaran dan menjadi informasi dalam memilih kursi roda travel. Selamat ngajak jalan-jalan dan membahagiakan orangtua. (Dhy)

Tips Memilih Kursi Roda Traveling

Post navigation


Leave a Reply