Bun.. Kan si kakak udah masuk di Pesantren Husnul Khotimah, bagi tips nya dong bun gimana biar bisa lulus ujian besok” begitu pertanyaan salah seorang wali calon santri di grup persiapan ujian tes masuk Pesantren Husnul Khotimah, grup yang saling menguatkan dan saling memotivasi para wali calon santri yang suasanya lebih harap-harap cemas dibanding calon santrinya sendiri.

Ga lama bunda yang satu anaknya sudah sukses masuk ke Pesantren Husnul Khotimah balas komen “Gampang koq bun, kerjain aja semua soal yang ada di contoh soal tahun-tahun sebelumnya, trus coba putar-puter juga, jawaban jadi pertanyaan, pertanyaan jadi jawaban, انشا ءالل lulus koq bun” tips sederhana yang juga memberikan motivasi.

Nah giliran cerita cara belajar mas Keis nih, sebenernya ga ada metode spesial sih, ga jauh beda sama jawaban ibun-ibun tadi di grup wali calon santri, belajar dari koleksi soal ujian masuk Husnul Khotimah dari tahun-tahun sebelumnya. Treatment spesial dari saya lebih memperhatikan bagian atau tipe soal mana yang mas Keis terlihat agak kesulitan untuk memahami dan mengerjakannya.

Suasana peserta ujian masuk Pesantren Husnul Khotimah – Islamic Center Bekasi

Kalo mas Keis kemarin terlihat agak kagok untuk menerjemahkan soal cerita dari soal-soal Matematika yang ada, karena memang hampir sebagian besar soal Matematikanya adalah soal cerita, tips saya ke mas Keis “Mas coba perhatikan setiap kalimat di soalnya, trus rubah setiap kata kunci menjadi operasi matematik“.

Soal ujian masuk Husnul Khotimah hanya ada 2 mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dan Matematika, jadi bisa fokus ke dua pelajaran tersebut.

Yang saya alami, sebenernya untuk persiapan ujian masuk bukan hanya sekedar membuat anak kita mau belajar keras, tapi yang paling penting adalah membuat anak merasa nyaman untuk belajar, hidupkan suasana diskusi dalam belajar, bisa selingi dengan implementasi pelajaran yang dipelajari di kehidupan nyata.

Ada satu pertanyaan mas Keis waktu belajar PAI waktu bajasa mengenai sejarah atau shiroh “Bi… Kenapa sih aku harus belajar dan menghafal pelajaran ini ? Emang manfaatnya apa sih bi..?“.

Kakak kelas ikut andil dalam proses penerimaan santri baru

Terakhir saya teringat sama kalimat dari panitia penerimaan santri baru saat sambutan pembukaan sebelum ujian masuk di Islamic Center Bekasi “Jangan pikirin berapa peserta yang ikut ujian, jangan pikirin berapa quota jumlah santri yang diterima, kerjakan saja sebaik-baiknya soal yang ada dan selanjutnya tinggal kita berdoa yang terbaik kepada yang maha kuasa“.

Di bawah ini adalah contoh soal ujian masuk Pesantren Husnul Khotimah – Kuningan, Jawa Barat.

SOAL UJIAN PSB 2018 MTS Husnul Khotimah

SOAL UJIAN PSB 2016 MTS Husnul Khotimah

SOAL UJIAN PSB 2014 MTS Husnul Khotimah

SOAL UJIAN PSB 2013 MTS Husnul Khotimah

SOAL UJIAN PSB 2012 MTS Husnul Khotimah

Tips Mengerjakan Soal Ujian Pesantren Husnul Khotimah

Post navigation


Leave a Reply